PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI (Studi Kasus Kelas VIII SMP Negeri 13 Jember Pokok Bahasan Kebutuhan
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh signifikan dari variabel
persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran
terhadap minat belajar ekonomi pada kelas VIII di SMP Negeri 13 Jember pokok
bahasan kebutuhan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Jember sebagai
lokasi penelitian dan siswa kelas VIII sebagai responden. Penentuan responden
dilakukan dengan menggunakan metode populasi dan selanjutnya dengan
penggunaan metode proporsional random sampling untuk pengambilan sampel.
Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket sebagai metode utama, metode
observasi dan metode dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk
menguji instrument penelitian. Analisis data hanya dilakukan menggunakan analisis
inferensial dengan uji F.
Hasil analisis pengolahan data diperoleh persamaan garis regresi sederhana
yaitu Ŷ = 9,199 + 0,482X +ei . Selanjutnya, hasil perhitungan secara simultan (uji F)
yakni variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam menggunakan media
pembelajaran (X) terhadap minat belajar ekonomi (Y) yaitu nilai Fhitung sebesar
161,051 > Ftabel sebesar 4,23 dengan tingkat α = 0,05 > sig. f = 0,000. Hal ini berarti
bahwa variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam menggunakan media
pembelajaran (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat belajar
ekonomi (Y).
Hasil perhitungan secara parsial di atas variabel bebas (X) memiliki proporsi
sumbangan terhadap variabel terikat (Y). Diketahui proporsi sumbangan variabel
bebas persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam menggunakan media
pembelajaran (X) terhadap variabel minat belajar ekonomi (Y) adalah Rsquare x 100%=
………%, maka 0,7562 x 100% = 75,2 %. Sedangkan, sisa proporsi sumbangan
variabel lainnya yakni sebesar 24,8 % adalah faktor di luar variabel dalam penelitian
ini.
Berdasarkan uraian diatas bahwa persepsi siswa tentang kemampuan guru
dalam menggunakan media pembelajaran sangat penting diperhatikan untuk
meningkatkan minat belajar ekonomi siswa VIII di SMP Negeri 13 Jember. Oleh
sebab itu, diharapkan pihak guru dan sekolah menyediakan fasilitas yang memadai
pada setiap kelas agar dalam kegiatan belajar mengajar dapat menggunakan media
pembelajaran dalam menyampaikan materi dan siswa dapat mengikuti kegiatan
belajar mengajar yang menyenangkan agar minat belajar siswa selalu tinggi.