• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN GURU DALAM MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP MINAT BELAJAR EKONOMI (Studi Kasus Kelas VIII SMP Negeri 13 Jember Pokok Bahasan Kebutuhan

    Thumbnail
    View/Open
    Yana Ika Aprilina - 100210301085_1.pdf (1.833Mb)
    Date
    2014-10-31
    Author
    YANA IKA APRILINA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah menjelaskan pengaruh signifikan dari variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran terhadap minat belajar ekonomi pada kelas VIII di SMP Negeri 13 Jember pokok bahasan kebutuhan. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Jember sebagai lokasi penelitian dan siswa kelas VIII sebagai responden. Penentuan responden dilakukan dengan menggunakan metode populasi dan selanjutnya dengan penggunaan metode proporsional random sampling untuk pengambilan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan metode angket sebagai metode utama, metode observasi dan metode dokumentasi. Uji validitas dan reliabilitas digunakan untuk menguji instrument penelitian. Analisis data hanya dilakukan menggunakan analisis inferensial dengan uji F. Hasil analisis pengolahan data diperoleh persamaan garis regresi sederhana yaitu Ŷ = 9,199 + 0,482X +ei . Selanjutnya, hasil perhitungan secara simultan (uji F) yakni variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran (X) terhadap minat belajar ekonomi (Y) yaitu nilai Fhitung sebesar 161,051 > Ftabel sebesar 4,23 dengan tingkat α = 0,05 > sig. f = 0,000. Hal ini berarti bahwa variabel persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel minat belajar ekonomi (Y). Hasil perhitungan secara parsial di atas variabel bebas (X) memiliki proporsi sumbangan terhadap variabel terikat (Y). Diketahui proporsi sumbangan variabel bebas persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran (X) terhadap variabel minat belajar ekonomi (Y) adalah Rsquare x 100%= ………%, maka 0,7562 x 100% = 75,2 %. Sedangkan, sisa proporsi sumbangan variabel lainnya yakni sebesar 24,8 % adalah faktor di luar variabel dalam penelitian ini. Berdasarkan uraian diatas bahwa persepsi siswa tentang kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran sangat penting diperhatikan untuk meningkatkan minat belajar ekonomi siswa VIII di SMP Negeri 13 Jember. Oleh sebab itu, diharapkan pihak guru dan sekolah menyediakan fasilitas yang memadai pada setiap kelas agar dalam kegiatan belajar mengajar dapat menggunakan media pembelajaran dalam menyampaikan materi dan siswa dapat mengikuti kegiatan belajar mengajar yang menyenangkan agar minat belajar siswa selalu tinggi.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59825
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository