MOTIVASI BERBISNIS ONLINE PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi berbisnis online mahasiswa
Program Studi Pendidikan Ekonomi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan
Universitas Jember terdiri dari motivasi internal dan motivasi eksternal. Dari tiga
subjek penelitian yang menekuni bisnis online memiliki motivasi internal dan
eksternal. Motivasi internalnya yaitu untuk mendapatkan uang ditunjukkan karena
bisnis online yang sangat menjanjikan dalam hal financial (keuangan), motivasi
meningkatkan kemampuan diri atau aktualisasi diri dengan mengaplikasikan ilmu
yang diperoleh serta terus memperluas dan menambah wawasan mengenai bisnis
online yang dijalankan dengan mengikuti seminar atau talk show serta membaca
majalah, sedangkan mengisi waktu luang dengan berusaha memanfaatkan waktu yang
tersedia sebaik mungkin untuk melayani konsumen. Motivasi ajakan teman, motivasi
dukungan keluarga dan lingkungan. Motivasi ajakan teman ditunjukkan dengan
ajakan teman untuk berbisnis online. Motivasi dukungan keluarga ditunjukkan
dengan bantuan atau nasihat dari keluarga terutama orang tua. Motivasi lingkungan
ditunjukkan dengan banyaknya teman kampus atau kantor yang juga berbisnis online.
Jadi, motivasi yang ditunjukkan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas
Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember yaitu motivasi internal dan
eksternal. Setiap pelaku bisnis harus selalu menumbuh kembangkan motivasi.