dc.description.abstract | Melalui penarikan kesimpulan ini diharapkan mampu menggambarkan
strategi STP (segmentasi, targeting, positioning) Salon Karisma Jember dalam
menghadapi persaingan, dan menjadi acuan untuk pemberdayaan serta pengambilan
kebijakan selanjutnya.
Bedasarkan hasil penelitian yang dilakukan, peneliti dapat menyimpulkan
bahwa Salon Karisma Jember dalam menghadapi pesaing memposisikan diri sebagai
perelung pasar (market pasar). Produk pelayanan jasanya menggunakan multi
segmentasi pasar dengan mendesain penawaran yang berbeda-beda untuk masingmasing
segemen. Penyeleksian segmen pasar Salon Karisma Jember dilakukan
dengan pemasaran yang dibedakan (differentiated marketing). Salon Karisma Jember
setelah melakukan pertimbangan-pertimbangan menentukan target pasarnya yaitu
balita, anak- anak, remaja, dan dewasa sedangkan untuk manula Salon Karisma
Jember menawarkan pelayanan home service.
Salon Karisma Jember melakukan positioning dengan cara menempatkan diri
sebagai salon unggulan keluarga di benak konsumen, penempatan ini dilakukan
dengan cara membandingkan produk pelayanan jasanya dengan produk pelayanan
jasa pesaing. Cara yang digunakan dalam membandingkannya yaitu dengan
menonjolkan kelebihan-kelebihan yang ditopang adanya diferensiasi seperti
pembedaan produk (konten) , pembedaan pelayanan (konteks), dan pembedaan
infrastruktur. | en_US |