dc.description.abstract | Hasil belajar pada tahap prasiklus ialah jumlah siswa sangat baik 6 siswa, baik
4 siswa, dan cukup baik 18 siswa, kurang baik 4 siswa, dan sangat kurang baik 0
siswa dengan nilai rata-rata 67,6. Kemudian pada tahap siklus I jumlah siswa sangat
baik 13 siswa, baik 4 siswa, cukup baik 13 siswa, kurang baik 2 siswa, dan sangat
kurang baik 0 siswa. Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73,3.
Selanjutnya pada tahap siklus II jumlah siswa sangat baik 21 siswa, baik 9 siswa,
cukup baik 2 siswa, kurang baik 0, dan sangat kurang baik 0 siswa. Rata-rata hasil
belajar siswa pada siklus II sebesar 81,4. Jadi dapat disimpulkan bahwa peningkatan
rata-rata hasil belajar siswa dari tahap prasiklus ke siklus I sebesar 5,7, sedangkan
peningkatan rata-rata hasil belajar dari tahap siklus I ke siklus II sebesar 8,1.
Kesimpulan dalam penelitian ini penerapan model pembelajaran Word Square
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pelajaran PKn pokok
bahasan keputusan bersama. Saran dalam penelitian ini adalah hendaknya guru
menggunakan model pembelajaran Word Square sebagai alternatif untuk diterapkan
dalam pembelajaran PKn di kelas agar siswa lebih mudah memahami konsep dari
materi yang diajarkan. | en_US |