• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN KERAGAMAN SUATU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SDN TEGAL GEDE 02 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Vera Riska Adianawati - 070210204137_1.pdf (118.7Kb)
    Date
    2014-10-30
    Author
    Vera Riska Adianawati
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa penggunaan media gambar melalui metode demonstrasi mata pelajaran IPS pokok bahasan Keragaman Suatu Bangsa dan Budaya di SDN Tegal Gede 02 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Skor aktivitas belajar siswa sebelum menerapkan media gambar melalui metode demonstrasi sebesar 47,38, sedangkan skor aktivitas siswa pada siklus I sebesar 58,89 dan skor pada siklus II sebesar 77,5 yang masuk dalam kategori tinggi. Sedangkan hasil belajar siswa sebelum menggunakan media gambar melalui metode demonstrasi memiliki ketuntasan belajar sebesar 46,08%, pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 54,17%, dan pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 83,33%. Hasil belajar siswa kelas IV di SDN Tegal Gede 02 Jember mengalami peningkatan setelah penggunaan media gambar melalui metode demonstrasi. Jadi, dengan adanya hasil penelitian tersebut saran yang dapat peneliti berikan yaitu pihak sekolah agar terus meningkatkan media dan metode pembelajaran yang digunakan salah satunya menggunakan media gambar dengan media demonstrasi. Hal ini dikarenakan metode demonstrasi dengan menggunakan bentuk gambar dapat dikembangkan disekolah, mengingat metode ini dapat membuat siswa lebih aktif dan melatih siswa untuk lebih percaya diri ketika maju berdemonstrasi di depan kelas dan melatih siswa untuk berkomunikasi dengan banyak orang.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59803
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository