ANALISIS KESESUAIAN MATERI GEOMETRI DALAM BUKU SEKOLAH ELEKTRONIK AYO BELAJAR MATEMATIKA UNTUK SD/MI KELAS IV BERDASARKAN KRITERIA BELL
Abstract
Dari hasil analisis, diketahui bahwa persentase kesesuaian materi geometri
pada Bab IV berdasarkan kriteria Bell menunjukkan katagori hasil yang baik atau
sesuai, yaitu sebesar 73,91%. Hasil analisis materi geometri pada Bab VIII juga
menunjukkan persentase kesesuaian yang baik atau sesuai dengan kriteria Bell, yaitu
sebesar 73,91%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kesesuaian materi
geometri pada Buku Sekolah Elektronik Ayo Belajar Matematika untuk SD/MI Kelas
IV berdasarkan kriteria Bell berkatagori sangat baik, karena dari 23 pernyataan
tentang materi geometri hanya ada 6 pernyataan yang tidak sesuai dengan kriteria
Bell pada Bab IV dan 6 pernyataan yang tidak sesuai pada Bab VIII.
Berdasarkan kesimpulan di atas, maka saran yang dapat diberikan kepada
guru-guru sekolah dasar, hendaknya selektif dalam memilih buku teks yang akan
digunakan untuk meminimalisir adanya kesalahan konsep. Bagi penerbit dan penulis
buku, perlu menambahkan sejarah, filosofi dan metode-metode matematika dan para
matematikawan yang mendukung materi matematika. Ketidaksesuaian dari buku teks
berdasarkan hasil analisis dapat dijadikan bahan perbaikan penulisan buku
selanjutnya. Diharapkan adanya penelitian serupa untuk materi lain, sehingga dapat
dijadikan sebagai bahan pertimbangan guru bidang studi dalam memilih buku teks
yang berkualitas untuk digunakan dalam proses pembelajaran.