• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR TEMA KEPERLUAN SEHARI-HARI PADA SISWA KELAS III DI SDN 02 SETAIL GENTENG BANYUWANGI

    Thumbnail
    View/Open
    RIZKI RAHMAWATI - 100210204062_1.pdf (171.8Kb)
    Date
    2014-10-30
    Author
    RIZKI RAHMAWATI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Pada penelitian ini, kelas III A bertindak sebagai kelas kontrol yaitu kelas tanpa menggunakan media audio visual dalam proses pembelajarannya, sedangakan kelas III B sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang dalam proses pembelajarannya dengan menggunakan media audio visual. Proses pembelajaran di kelas kontrol menggunakan media konvensional yaitu berupa media gambar. Sebelum dilaksanakan proses belajar mengajar, dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data hasil pre-test. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan program statistik SPSS 20 dengan taraf signifikansi 5%. Sebelum dilaksanakan proses belajar mengajar, dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan data hasil pre-test. Uji Homogenitas dilakukan menggunakan uji t pada program statistik SPSS 20.00 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil uji t diperoleh hasil sebesar 0,104. Hasil tersebut kemudian dikonsultasikan dengan = 2,009. Hasil tersebut dapat diketahui bahwa hasil (0,104 < 2,009) sehingga tingkat kemampuan siswa kedua kelas adalah homogen. Dilakukan proses pembelajaran dikelas eksperimen dengan menggunakan media lingkungan dan kelas kontrol tanpa menggunakan media lingkungan. Dilakukan uji t dengan menggunakan data hasil post-test. Uji t dilakukan dengan menggunakan program statistik SPSS 20 dengan taraf signifikansi 5%. Dilakukan uji t independen antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai siswa dengan menggunakan media audio visual mempunyai rata-rata nilai sebesar 84.27 sedangkan nilai siswa tanpa menggunakan media audio visual mempunyai nilai lebih rendah yakni rata-rata 78.27. Hasil uji statistik independent test menggunakan program SPSS versi 20.00 diperoleh bahwa hasil > yaitu 2,153 > 2,0105 sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara nilai siswa dengan menggunakan media audio visual dibandingkan dengan nilai siswa tanpa menggunakan media audio visual. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas III SDN 02 Setail Genteng Banyuwangi. Adapun saran dari peneliti adalah guru harus mampu mengelola kelas dengan baik dan meningkatkan kreatifitas dalam menggunakan media pembelajaran.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59800
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository