• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SDN KEMUNINGSARI KIDUL 01 JENGGAWAH TAHUN PELAJARAN 2013-2014

    Thumbnail
    View/Open
    Ninda Elisa - 100210204131_1.pdf (566.8Kb)
    Date
    2014-10-30
    Author
    NINDA ELISA
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di SDN Kemuningsari Kidul 01 Kecamatan Jenggawah Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu kelas V dengan jumlah siswa 25 orang yang terdiri 13 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Sumber data diperoleh dari siswa dan guru kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah model skema spiral dari Hopkins dengan tahapan penelitian tindakan yang meliputi perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Perolehan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V pokok bahasan peristiwa alam di Indonesia pada mata pelajaran IPA di SDN Kemuningsari Kidul 01 Jenggawah. Peningkatan motivasi belajar siswa yang diperoleh pada siklus I sebesar 67,92% (cukup) dan pada siklus II meningkat menjadi 78,8% (tinggi). Rata-rata skor hasil belajar siswa sebelum menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching adalah sebesar 61,4 (cukup), setelah pelaksanaan siklus I rata-rata skor hasil belajar siswa mengalami peningkatan mencapai 72,52 (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 85,24 (sangat baik). Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini, bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPA pokok bahasan peristiwa alam di Indonesia pada siswa kelas V SDN Kemuningsari Kidul 01 Jenggawah.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59799
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15461]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository