PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK PADA POKOK BAHASAN VOLUME KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN JAMBEARUM 01 PUGER TAHUN AJARAN 2013/2014
Abstract
Hasil penelitian yang diperoleh yaitu aktivitas siswa dalam pembelajaran
dengan pendekatan matematika realistik pada pokok bahasan volume kubus dan
balok meningkat selama pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat dilihat pada
rata-rata persentase aktivitas siswa secara klasikal dari siklus 1 dan siklus 2 yaitu
pada siklus 1 sebesar 79,86% dengan kategori aktif dan pada siklus 2 sebesar
85,87% dengan kategori sangat aktif, sehingga aktivitas belajar siswa mengalami
peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 6,01% Persentase peningkatan hasil
belajar siswa pada siklus 1 mencapai 71,68% dengan kategori baik dan nilai ratarata
sebesar 71,7 sedangkan pada siklus 2 mencapai 83,68% dengan kategori
sangat baik dan nilai rata-rata sebesar 83,7. Sehingga hasil belajar siswa
mengalami peningkatan sebesar 12%.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan
matematika realistik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN
Jambearum 01 Puger. Saran-saran yang dapat diberikan: berdasarkan hasil
penelitian, pembelajaran dengan menggunakan pendekatan matematika realistik
dapat dijadikan alternatif dalam pembelajaran matematika, karena dapat membuat
siswa tertarik, aktif dan senang mengikuti proses pembelajaran.