• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DALAM PEMBELAJARAN PKn POKOK BAHASAN BENTUKBENTUK KEPUTUSAN BERSAMA DI SDN AJUNG 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014

    Thumbnail
    View/Open
    Ichwanoviana - 100210204140_1.pdf (80.48Kb)
    Date
    2014-10-30
    Author
    Ichwanoviana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus meliputi kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SDN Ajung 01 Jember dengan subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas V. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Skor rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 64,29 (aktif), di mana dari 38 siswa terdapat 6 siswa atau 15,79% (sangat aktif), 19 siswa atau 50,00% (aktif), 5 siswa atau 13,16% (cukup aktif), 8 siswa atau 21,05% (kurang aktif), sedangkan pada siklus II rata-rata skor aktivitas belajar siswa sebesar 81,20 (sangat aktif), di mana dari 38 siswa terdapat terdapat 19 siswa atau 50,00% (sangat aktif), 12 siswa atau 31,58% (aktif), 3 siswa atau 7,89% (cukup aktif), 4 siswa atau 10,53% (kurang aktif). Hasil belajar siklus I memperoleh rata-rata skor sebesar 72,31 (baik), di mana dari 38 siswa terdapat 11 siswa atau 28,95% (sangat baik), 13 siswa atau 34,21% (baik), 9 siswa atau 23,68% (cukup baik), 5 siswa atau 13,16% (kurang baik), sedangkan pada siklus II rata-rata skor hasil belajar siswa sebesar 80,16 (sangat baik), di mana dari 38 siswa terdapat 19 siswa atau 50,00% (sangat baik), 11 siswa atau 28,95% (baik), 5 siswa atau 13,16% (cukup baik), 3 siswa atau 7,89% (kurang baik). Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing di kelas V SDN Ajung 01 Jember dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Saran peneliti bagi guru SD, agar dapat menerapkan metode role playing dalam pembelajaran PKn dan mata pelajaran lainnya, bagi kepala sekolah diadakan sosialisasi kepada guru-guru agar metode role playing dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam pemilihan metode pembelajaran di kelas dalam rangka meningkatkan serta mengembangkan mutu pendidikan di sekolah, dan bagi peneliti lain, penelitian ini dapat dijadikan acuan untuk mengadakan penelitian yang sejenis.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59796
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository