Show simple item record

dc.contributor.authorDiana Ratnawati
dc.date.accessioned2014-10-30T07:34:46Z
dc.date.available2014-10-30T07:34:46Z
dc.date.issued2014-10-30
dc.identifier.nimNIM100210204164
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59793
dc.description.abstractSubjek penelitian adalah siswa kelas III SDN Kaliwates 01 Jember. Jenis penelitian ini adalah PTK model spiral Hopkins dengan tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe examples non examples. Hal ini terlihat dari skor aktivitas dan hasil belajar siswa secara klasikal yang dicapai. Dalam tindakan prasiklus skor aktivitas siswa sebesar 49,64, dan pada siklus I meningkat sebesar 23,59 sehingga menjadi 73,23 yang termasuk kategori aktif. Siklus II terjadi peningkatan sebesar 8,86 dari siklus I sehingga menjadi 82,09 yang termasuk kategori sangat aktif. Peningkatan juga terjadi pada hasil belajar siswa dari prasiklus ke siklus I yaitu sebesar 11,86 sehingga menjadi 70,58 yang termasuk kategori baik, dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 10,59 sehingga menjadi 81,17 yang termasuk kategori sangat baik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204164;
dc.subjectExamples Non Examples, Pknen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE EXAMPLES NON EXAMPLES UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN PKN TEMA CINTA TANAH AIR DI SDN KALIWATES 01 JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record