dc.description.abstract | Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan motivasi belajar siswa berdasarkan data angket pada pra siklus sebesar 39,9 tergolong kategori rendah, meningkat menjadi 73,6 tergolong kategori tinggi pada siklus 1 dengan peningkatan
dari pra siklus ke siklus I sebesar 33,7, pada siklus 2 semakin meningkat menjadi 79,3 tergolong kategori tinggi, dengan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 5,7. Hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 51,77 tergolong kategori kurang baik, sedangkan pada siklus 1 meningkat menjadi 70,82 tergolong kategori baik, dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80,5 tergolong kategori sangat baik. Pelaksanaan penerapan metode sosiodrama dalam pembelajaran IPS pokok
masalah sosial di lingkungan setempat pada siklus I dan siklus II dapat berjalan
dengan baik dan lancar, para siswa terlihat antusias dan senang terhadap pembelajaran yang dilakukan oleh peneliti. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah
penerapan metode sosiodrama dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas IV pokok bahasan masalah sosial di lingkungan
setempat. | en_US |