Show simple item record

dc.contributor.authorAdi Nugroho
dc.date.accessioned2014-10-30T07:25:00Z
dc.date.available2014-10-30T07:25:00Z
dc.date.issued2014-10-30
dc.identifier.nimNIM100210204084
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59791
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk menelaah penerapan pendekatan CTL serta meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mata pada pelajaran matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar pada siswak kelas V-A di SDN Tegalgede 01 Jember. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Tegalgede 01 Jember pada sesemster genap tahun pelajaran 2013/2014 dengan subyek siswa kelas V-A yang berjumlah 32 siswa (17 perempuan, 15 laki-laiki). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang sesuai dengan rancangan penelitian model Kemmis dan McTaggart yang meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi dan dilaksanakan dalam 2 siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes dan dokumentasi.Dalam pelaksanaan siklus I terdapat beberapa kendala, terutama kurangnya motivasi siswa untuk aktif didalam kegiatan pembelajaran, sehingga dalam beberapa komponen CTL belum terlaksana dengan baik. Oleh sebab itu dilakukan perbaikan untuk diterapkan pada siklus II, sekaligus untuk membandingkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada tiap siklus. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan bahwa pendekatan CTL dengan media benda konkrit berjalan dengan baik, Hal ini ditandai dengan peningkatan seluruh komponen CTL pada akhir siklus, yaitu construksivism 78,1%, inquiry 90,1%, questioning 57,3%, learning community 87,5%, modelling 87,5%, reflectioning 86,5%, dan authentic assesment 96,8%. Secara klasikal aktivitas belajar siswa meningkat sebesar 17%, yang semula 67,3% (aktif) pada siklus 1 meningkat menjadi 82,6% pada siklus II atau pada kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa juga meningkat, secara klasikal rata-rata nilai pada siklus I adalah 72,9, naik sebesar 8 menjadi 80,3. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran Matematika melalui pendekatan CTL dengan media benda konkrit, mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V-A SDN Tegalgede 01 Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries100210204084;
dc.subjectCTL, Media Benda Konkriten_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN CTL DENGAN MEDIA BENDA KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V-A MATA PELAJARAN MATEMATIKA POKOK BAHASAN SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR DI SDN TEGALGEDE 01 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2013/2014en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record