• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    KONTRIBUSI METODE CERITA BERGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI DI PAUD TERPADU ANANDA UPTD SKB BONDOWOSO

    Thumbnail
    View/Open
    Vivin Mega Estika Sari - 100210201005_1.pdf (217.5Kb)
    Date
    2014-10-30
    Author
    Vivin Mega Estika Sari
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Tempat penelitian di PAUD Terpadu Ananda UPTD SKB Bondowoso dengan menggunakan metode Purposive Area yaitu untuk menetapkan lokasi yang dianggap relevan dengan tujuan penelitian. Waktu penelitian 5 bulan yaitu antara bulan Januari s/d Mei 2014 dengan jumlah objek penelitian 30 peserta didik. Dengan desain penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan Check List dan dokumentasi. Pengolahan data meliputi persiapan dan tabulasi. Metode analisis data kuantitatif dalam penelitian ini menggunakan Regresi Linier Sederhana dengan bantuan program Statistical Package for the Social Sciences (SPSS) seri 14. Hasil analisis Rho pearson diperoleh nilai sebesar 0.977 pada usia 2-3 tahun, 0.628 pada usia 3-4 tahun dan 0.863 pada usia 4-5 tahun. Maka apabila diuji signifikasinya dengan harga kritik Rho Spearman dengan N=30 dan interval kepercayaan 95% adalah sebesar 0.364, ternyata diperoleh hasil bahwa rhitung>rtabel. Dengan demikian hipotesis kerja diterima yang artinya Ada Kontribusi Metode Cerita Bergambar Terhadap Perkembangan Bahasa Pada Anak Usia Dini di PAUD Terpadu Ananda UPTD SKB Bondowoso. Dari analisis data yang dilakukan diperoleh harga signifikan hitung sebesar 0,000 jika dikonsultasikan 0,00 < 0,05 dengan N=30 hasilnya signifikan maka dapat disimpulkan hipotesis kerja (Ha) terdapat kontibusi metode cerita bergambar terhadap perkembangan bahasa pada anak usia dini di PAUD Terpadu Ananda UPTD SKB Bondowoso diterima. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan bagi para pendidik diharapkan agar dalam pembelajaran lebih variatif dengan menggunakan buku cerita dengan tema yang menyenangkan dan tidak membuat anak bosan dengan cerita yang di ulang-ulang. Sedangkan bagi kepala sekolah PAUD Terpadu Ananda UPTD SKB Bondowoso , dalam memberikan Metode Bercerita hendaknya perlu adanya sedikit tambahan jam pelajaran agar lebih optimal. Yang biasanya hanya 2 kali seminggu untuk bercerita di kelas besar hendaknya ada tambahan 3 atau 4 kali dalam seminggu.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59789
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository