• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PROFESIONALISME KERJA PEGAWAI TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PEMBUATAN AKTA KELAHIRAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Novita Budi Asih - 100910201075_1.pdf (175.1Kb)
    Date
    2014-10-29
    Author
    Novita Budi Asih
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini dilakukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tipe penelitian asosiatif dan bersifat kausal atau sebab akibat. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 14 orang yakni pegawai Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember yang terlibat dalam kepengurusan akta kelahiran. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh dari data wawancara dan observasi sedangkan data sekunder diperoleh dari file, buku, jurnal ilmiah atau sumber dokumen lain yang terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, kuesioner dan dokumentasi. Penelitian ini terdiri dari variabel X (independen) yaitu profesionalisme kerja pegawai dan variabel Y (dependen) yaitu kualitas pelayanan. Profesionalisme pegawai dapat diukur dengan tiga indikator yaitu kemampuan pegawai, dedikasi pegawai dan etika profesi pegawai. Sedangkan kualitas pelayanan dapat diukur dengan lima indikator yaitu teamwork, kesesuaian skill dalam pekerjaan, perasaan tertekan dalam bekerja, konflik batin dan keraguan dalam tugas. Teknik pengumpulan data yang utama yaitu menggunakan kuesioner. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai variabel profesionalisme pegawai dinyatakan baik sebesar 85,71%. Variabel tersebut diukur dari indikator kemampuan pegawai sebesar 85,71% yang dinyatakan baik, dedikasi pegawai sebesar 78,57% yang dinyatakan baik dan etika pegawai sebesar 71,43% yang dinyatakan baik. Sedangkan variabel kualitas pelayanan dinyatakan baik dengan nilai yang diperoleh sebesar 78,57%. Variabel tersebut diukur dari indikator teamwork 50% yang dinyatakan sedang, kesesuaian skill dalam pekerjaan 71,43% yang dinyatakan baik, perasaan tertekan dalam bekerja 53% yang dinyatakan baik, konflik batin 71,43% yang dinyatakan baik, dan keraguan dalam tugas 71,43% yang dinyatakan baik. Selanjutnya hasil analisis data dengan menggunakan Rank Spearman diperoleh rs hitung sebesar 0,690 yang menunjukkan lebih besar dari rs tabel 0,544. Berdasarkan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil uji t-test dengan t- hitung sebesar 3,302 lebih besar dari t-tabel 2,145, maka dapat diambil kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme kerja pegawai terhadap kualitas pelayanan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59705
    Collections
    • UT-Faculty of Social and Political Sciences [5612]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository