KINERJA ORGANISASI PELAYANAN PUBLIK DALAM PEMBUATAN KARTU ANTAR KERJA (AK 1) DI DINAS TENAGA KERJA DAN TRANSMIGRASI KABUPATEN JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja instansi terhadap pelayanan
pembuatan kartu Antar Keja (AK 1) di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Kabupaten Jember. Hasil penilaian terhadap kinerja organisasi pelayanan publik
adalah data dan informasi masyarakat yang diperoleh dari hasil wawancara dan
menggunakan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atas pendapat
masyarakat dalam memperoleh pelayanan di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi
Kabupaten Jember sebagai penyelenggara pelayanan publik. Penilaian kinerja
pelayanan diperoleh menggunakan empat indikator untuk mengukur kinerja
organisasi pelayanan publik yaitu efektifitas, efisiensi, keadilan, dan daya tanggap.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 84 responden pemohon kartu
Antar Kerja (AK 1).
Jenis penelitian yang dipilih oleh penulis adalah penelitian kuantitatif dengan
pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober sampai
Desember 2013 di Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Jember.
Teknik pengumpulan data yang digunakan penulis meliputi teknik
wawancara, observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan
teknik analisis data kuantitatif. Adapun analisis data yang digunakan oleh penulis
yakni distribusi frekuensi, perhitungan nilai rata-rata (mean) dan perhitungan modus.
Hasil penelitian yang diperoleh, menurut pemohon AK 1 tentang kinerja
pelayanan pembuatan kartu AK 1 memiliki nilai mean 2,36. Hasil tersebut termasuk
kategori jawaban setuju yang berarti kinerja organisasi pelayanan publik dalam
pembuatan kartu AK 1 dapat dikatakan baik oleh masyarakat.