PENERAPAN BAURAN PROMOSI PADA DISTRO D&D GENTENG KABUPATEN BANYUWANGI
Abstract
Di era persaingan global seperti saat ini, sangat banyak bentuk usaha yang
dilakukan oleh para pengusaha. Semakin banyaknya bentuk dari sebuah perusahaan
semakin ketat pula persaingan yang akan terjadi, apalagi jika bentuk usaha yang
dilakukan itu sejenis. Munculnya kompetitor baru juga bisa terjadi, disebabkan
seorang pelaku bisnis menganggap usaha tersebut memiliki prospek yang
menjanjikan untuk dilakukan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui
dan mendeskripsikan penerapan bauran promosi yang telah dilakukan oleh Distro
D&D Genteng, Kabupaten Banyuwangi. Teknik pengumpulan data menggunakan
metode observasi, metode wawancara mendalam, serta dokumentasi dari saat di
lokasi penelitian.
Distro D&D dalam pelaksanaanya melakukan kagiatan bauran promosi
mencakup empat hal. Yaitu promosi penjualan, perikalanan, hubungan masyarakat,
dan penjualan langsung. Rancangan strategi bauran promosi yang dilakukan di
dasarkan pada kondisi saat berdirinya distro D&D. ke empat bentuk bauran promosi
tersebut diyakini dapat membuat perusahaan terus eksis dalam memasarkan produkproduk
independen.
Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan
pemikiran atau masukan yang berarti bagi perusahaan agar dapat digunakan sebagai
bahan pertimbangan dan evaluasi dalam pengambilan keputusan bagi perusahaan
khususnya dalam menentukan strategi bauran promosi dan dapat tetap eksis dalam
dunia bisnis.