PERAN KOMUNIKASI ANTARA DEPARTEMEN MARKETING DENGAN BANQUET DALAM MELAKSANAKAN EVENT DI ASTON JEMBER HOTEL & CONFERENCE CENTER
Abstract
Banquet merupakan bagian dari departemen food & beverage service yang menangani apa yang disebut acara seperti pesta, rapat, konferensi, pernikahan, dan lain-lain.Peran komunikasi dalam pelaksanaan banquet sangat penting dalam menentukan sukses atau tidaknya event yang diselenggarakan. Sebelum mengintruksikan apa saja yang akan dilaksanakan tim banquet, marketing harus membuat kesepakatan yang jelas terhadap tamu. Jika ada permintaan diluar standar pelayanan Aston Jember Hotel& Conference Center, maka marketing harus bisa menjelaskan konsekuensinya terhadap tamu dan mencantumkannya ke dalam BEO (Banquet Event Order). Penyelenggaraan event oleh banquet sangat rentan terganggu oleh komunikasi antara departemen marketing dengan banquet.
Ketika ada permintaan tamu yang mendadak ketika event berlangsung makamarketing akan mempertimbangkannya dengan tim banquet, mulai dari durasi dalam menyiapkan hingga menjelaskan kesepakatan permintaan mendadak dari tamu, sehingga event dapat diselenggarakan dengan efektif dan efisien. Seringkali timbulnya permasalahan ketika event berlangsung adalah munculnya kesalahpahaman komunikasi antara marketing dengan banquet, koordinasi yang kurang baik antara marketing dengan banquet, permintaan mendadak yng tidak tersampaikan sepenuhnya kepada semua departemen di Aston Jember Hotel & Conference Center. Hasil praktek kerja nyata diharapakan dapat dimanfaatkan sebagai peningkatan kerja dan peran komunikasi antara marketing department dengan banquet.
Collections
- DP-Travel Agent [250]