KEGIATAN DEPARTEMEN MAKANAN DAN MINUMAN GUNA MENINGKATKAN PENGUNJUNG DI BINTANG MULIA HOTEL & RESTO KABUPATEN JEMBER
Abstract
Hotel adalah sebuah bangunan yang dikelola secara komersial dengan
menyediakan sebuah jasa penginapan serta makanan dan minuman yang dibutuhkan
tamu selama menginap. Dalam sebuah hotel tidak serta merta memberikan pelayanan
kepada tamu. Pelayanan itu diberikan sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh
tamu hotel. Didalam hotel ada dua bagian yang memiliki prioritas utama untuk
meningkatkan tingkat kunjungan tamu terhadap hotel. Bagian itu adalah bagian front
office dan restaurant. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui departemen makanan
dan minuman di Bintang Mulia hotel & resto. Hasil penelitian diharapkan mampu
memberikan sebuah dampak positif kedepannya, yaitu memiliki pengalaman dan
ilmu bagaimana memberikan sebuah pelayanan yang baik.
Food and Beverage department di Bintang Mulia hotel & resto memiliki
beberapa bagian. Yang pertama adalah bagian front service atau restoran, ialah bagian
yang menyediakan jasa pelayanan makanan dan minuman yang dibutuhkan oleh
tamu. Baik tamu yang menginap dalam hotel maupun tamu dari luar yang hanya
sekedar makan malam disana. Tugas yang dilakukan oleh petugas restoran adalah
sebagai waiter/waitress yaitu seorang pramusaji yang melayani tamu selama berada
di restoran. Kedua, yaitu bagian back service atau dapur, ialah bagian yang bertugas
menyediakan makanan yang awalnya dari bahan mentah menjadi makanan yang siap
disajikan.
Pelayanan ini disediakan selama 24 jam. Sehingga tamu hotel maupun tamu
dari luar hotel yang hanya akan makan malam di restoran bisa datang dan menikmati
sajian makanan dan minumannya. Biasanya hotel selalu menyediakan sebuah voucher
breakfast untuk tamu yang bisa digunakan esok harinya ketika sebelum check out.
Collections
- DP-Taxation [889]