KUALITAS PELAYANAN DINAS PASAR KABUPATEN JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil Praktek Kerja Nyata yang telah dilaksanakan, serta datadata
yang terkumpul mengenai Kualitas Pelayanan Dinas Pasar Kabupaten
Jember, dapat disimpulkan sebagai berikut :
1. Pelayanan yang ada di pasar Kabupaten Jember meliputi Kebersihan (Sanitasi),
Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Keamanan dan Fasilitas Lain. Ke empat
pelayanan tersebut cukup memenuhi syarat Pelayanan yang baik dan
memuaskan bagi para pedagang maupun pembeli, tetapi sayangnya ada sedikit
dari ke empat Pelayanan tersebut yang tidak tersedia di pasar Kabupaten
Jember misalnya Kebersihan (Sanitasi) Tempat Cuci Tangan dan Desinfeksi
Pasar tidak tersedia, dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi pedagang secara
berkala minimal 6 bulan sekali dan pengelola, memahami dan mempunyai
ketrampilan tentang hygiene sanitasi dan keamanan pangan (pernah mengikuti
kursus/pelatihan di bidang sanitasi dan hygiene makanan dan pangan) juga
tidak tersedia dan tersedia hidran air dan letak peralatan pemadam kebakaran
mudah dijangkau dan ada petunjuk arah penyelamatan juga tidak tersedia.
2. Kualitas fisik di pasar Kabupaten Jember cukup memenuhi syarat yaitu tidak
berbau, tidak berasa, dan tidak berwarna. Sumur bor dan septic tank di pasar
Kabupaten Jember berjarak kurang lebih 10 meter. Tetapi sayangnya di pasar
Kabupaten Jember tidak melakukan pengujian air bersih secara berkala,
Sedangkan Kualitas makanan siap saji yang dijual di pasar harus sesuai dengan
Kepmenkes nomor 942 tahun 2003 tentang makanan jajanan, yaitu: penjamah
makanan berperilaku hidup bersih dan sehat dan memperhatikan hygiene,
peralatan yang digunakan harus bersih dan bebas pencemaran, air yang
digunakan harus memenuhi standar dan dimasak sampai mendidih, disajikan
dalam wadah yang bersih dan aman bagi kesehatan serta tertutup dan di pasar
Kabupaten Jember sudah memenuhi syarat untuk Kualitas Makanan dan Bahan
Pangan sesuai Kepmenkes nomor 942 tahun 2003.
Collections
- DP-Company Management [469]