PELAKSANAAN KEGIATAN ADMINISTRASI PAJAK KENDARAAN BERMOTOR PADA UPT DINAS PENDAPATAN DAERAH PROPINSI JAWA TIMUR JEMBER
Abstract
Berdasarkan hasil kegiatan Praktek Kerja Nyata dalam bidang Pelaksanaan
Kegiatan Administrasi Pajak Kendaraan Bermotor pada UPT. Dinas Pendapatan
Derah Propinsi Jawa Timur wilayah Jember, dapat disimpulkan bahwa:
a. Pemungutan PKB secara keseluruhan dilaksanakan di Kantor Bersama
SAMSAT dan pelaksanaannya sudah memakai sistem on line.
b. Pelaksanaan Administrasi Penerimaan Pajak Dari Pajak Kendaraan Bermotor,
meliputi:
1. Pendaftaran dan Pendataan
2. Penetapan
3. Pembayaran dan Pelunasan
4. Penagihan dan Dinas Luar
c. Prosedur pemungutan Pajak Kendaraan Bermotor pada Kantor Bersama
SAMSAT dimulai dari Loket 1 (Pendaftaran dan Penetapan), yang terdiri dari
Petugas Peneliti dan Registrasi Identifikasi, Petugas Otorisasi Data Statis
Kendaraan, Petugas Penetapan PKB dan BBNKB, Petugas Penetapan
SWDKLLJ, Petugas Penetapan Biaya Administrasi STNK dan TNKB,
Petugas Pelayanan Korektor. Prosedur selanjutnya dilakukan pada loket 2
(Pembayaran dan Penyerahan), yang terdiri dari Petugas Penerima
Pembayaran, Petugas Validasi dan Pencetakan STNK, Petugas
Penyerahan.Kemudian hasil dari kegiatan Pemungutan pada Kantor Bersama
SAMSAT didistribusikan kepada UPT. Dinas Pendapatan Propinsi Jawa
Timur wilayah Jember Timur melalui Bendahara Khusus Penerima.
d. Prosedur Hasil Pelaksanaan Pajak Kendaraan Bermotor Pada Kantor Bersama
SAMSAT untuk diteruskan Pada UPT. Dinas Pendapatan Propinsi Jawa
Timur wilayah Jember.
Collections
- DP-Company Management [469]