PROSEDUR ADMINISTRASI PENGGAJIAN PADA KANTOR UPT DINAS PENDIDIKAN AMBULU KABUPATEN JEMBER
Abstract
Berdasarkan pelaksanaan Praktek Kerja Nyata selama kurang lebih satu bulan di UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember dengan mengambil judul “Prosedur Administrasi Penggajian pada UPT Dinas Pendidikan Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember”. Adapun hasil dari Praktek Kerja Nyata tersebut dapat diambil kesimpulan sebagai berikut:
1. Prosedur penggajian pada Kantor UPT Dinas Pendidikan Ambulu dilaksanakan pada awal bulan dengan memeriksa buku gaji setiap karyawan apakah ada perubahan seperti kenaikan pangkat, kenaikan gaji berkala, dan lain-lain. Setelah meneliti dan memeriksa ada tidaknya perubahan maka daftar gaji dapat dicetak beserta rekap golongan dan rekap kulit gaji. Daftar gaji dicetak selanjutnya digunakan sebagai dasar pembayaran pembuatan SPP (Surat Perintah Pembayaran) gaji selanjutnya SPP (Surat Perintah Pembayaran) gaji dilampirkan dengan penunjang dikirim kebagian keuangan Pemerintah Kabupaten Jember untuk dibuatkan SP2D ( Surat perintah Pencairan Dana) sebagai dasar pencairan dana gaji dari Bank dengan melampirkan cek senilai yang tercantum dalam SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana).
2. Membantu pelaksanaan administrasi penggajian pada Kantor UPT Dinas Pendidikan Ambulu:
a. Membantu merekapitulasi gaji setiap pegawai.
Membantu mengisi data gaji setiap karyawan dengan menuliskan potongan-potongan yang harus dibayarkan oleh karyawan atau tanggungan yang harus dibayar oleh karyawan secara jelas berupa tulisan.
b. Membantu mengoreksi jumlah gaji yang diterima setiap karyawan
Apabila semua data gaji yang diterima oleh setiap karyawan sudah selesai direkap maka sebelum gaji didistribusikan kepada karyawan,
gaji terlebih dahulu harus dikoreksi kembali agar tidak terdapat kesalahan baik dalam jumlah maupun catatan-catatan yang menjadi potongan gaji.
Collections
- DP-Financial Management [400]