PENGARUH WORD OF MOUTH MARKETING TERHADAP PROBABILITAS KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN RUMAH MAKAN AYAM GEPHOK DI WILAYAH PERKOTAAN JEMBER
Abstract
Word of Mouth Marketing (WoMM) merupakan hal yang penting dalam
berbisnis. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat sehingga
banyak pebisnis yang menggunakan strategi pemasaran seperti periklanan. Hal ini
membuat tingkat keinginan konsumen dalam memutuskan untuk membeli menjadi
menurun. Pada situasi seperti ini, WoMM menjadi salah satu strategi pemasaran yang
tanpa disadari digunakan oleh banyak perusahan dan menjadi cara yang paling efektif
dalam menarik calon konsumen untuk membeli suatu produk. Tujuan penelitian ini
adalah untuk mengetahui probabilitas Word of Mouth Marketing dalam
mempengaruhi keputusan membeli dan tidak membeli konsumen Rumah Makan
Ayam Gephok di wilayah perkotaan Kabupaten Jember.
Objek pada penelitian ini adalah masyarakat yang pernah melakukan
keputusan untuk membeli dan tidak pernah membeli Ayam Gephok di wilayah
perkotaan Kabupaten Jember. Penelitian dilakukan dengan menyebar kuesioner
kepada 130 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling.Variabel
yang diteliti untuk mengukur Word of Mouth Marketing (WoMM) adalah Pembicara
(talkers), Topik (topic), Alat (tools), Partisipasi Perusahaan (taking part), dan
Pengawasan akan Hasil WoMM (tracking). Analisis pengaruh Word of Mouth
Marketing terhadap probabilitas keputusan pembelian konsumen Rumah Makan
Ayam Gephok di wilayah perkotaan Jember menggunakan analisis regresi logistik,
menilai Model Fit dan Estimasi Parameter.
Untuk melihat Word of Mouth Marketing berpengaruh terhadap probabilitas
keputusan pembelian, dapat diperoleh dengan menggunakan hasil analisis Uji
Hosmer and Lemeshow dimana nilai Nagelkerke R Square sebesar 64,4%. Selain itu
diperoleh hasil bahwa WoMM berpengaruh terhadap probabilitas keputusan
konsumen untuk membeli sebesar 89,2%. Dan pada Variables in the Equattion, hasil
analisis menunjukkan bahwa semua subvariabel WoMM memiliki signifikansi
< 0,05. Sehingga diperoleh hasil bahwa variabel Word of Mouth Marketing memiliki
pengaruh terhadap probabilitas keputusan pembelian konsumen Rumah Makan Ayam
Gephok di wilayah perkotaan Jember.