• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH DIFERENSIASI, VARIASI, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING PADA PRODUK EDAMAME PT. MITRATANI 27 JEMBER

    Thumbnail
    View/Open
    Veri Agus Tomi - 080810201068_1.pdf (372.7Kb)
    Date
    2014-10-23
    Author
    VERI AGUS TOMI
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Semakin ketatnya persaingan pasar global seperti saat ini, kepuasan konsumen menjadi tuntutan perusahaan untuk dapat bertahan dalam memasarkan produknya. Untuk mendapatkan kepuasan konsumen harus membangun keunggulan bersaing dengan memperhatikan beberapa hal, antara lain diferensiasi, variasi, dan inovasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh diferensiasi, variasi, dan inovasi produk terhadap kepuasan konsumen melalui keunggulan bersaing, ataupun secara langsung pada konsumen produk edamame pada PT. Mitratani 27 Jember. Dalam penelitian ini terdapat tujuh hipotesis, yaitu diferensiasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, variasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, inovasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, keunggulan bersaing terhadap kepuasan konsumen, diferensiasi produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, variasi produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, dan inovasi produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling, didapat 150 orang responden yang dilakukan pada bulan Maret dan April 2014. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Structural Equation Modeling (SEM). Setelah data terbukti valid dan reliabel serta uji kelayakan model terbukti baik, maka dilakukan uji Structural Equation Modeling (SEM) dengan tingkat signifikansi <0,5. Hasilnya membuktikan bahwa enam hipotesis yakni diferensiasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, variasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, inovasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, variasi produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, dan inovasi produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dapat diterima dengan positif dan signifikan. Sedangkan hipotesis diferensiasi produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen tidak signifikan. Dengan demikian untuk membangun kepuasan konsumen secara tidak langsung maka perlu melakukan diferensiasi, variasi, dan inovasi produk sehingga akan meningkatkan keunggulan bersaing. Secara langsung produsen perlu memperhatikan variasi dan inovasi produk, karena hal ini berpengaruh secara signifikan.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59520
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12471]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository