PENGARUH DIFERENSIASI, VARIASI, DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN MELALUI KEUNGGULAN BERSAING PADA PRODUK EDAMAME PT. MITRATANI 27 JEMBER
Abstract
Semakin ketatnya persaingan pasar global seperti saat ini, kepuasan konsumen menjadi tuntutan perusahaan untuk dapat bertahan dalam memasarkan produknya. Untuk mendapatkan kepuasan konsumen harus membangun keunggulan bersaing dengan memperhatikan beberapa hal, antara lain diferensiasi, variasi, dan inovasi produk. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh diferensiasi, variasi, dan inovasi produk terhadap kepuasan konsumen melalui keunggulan bersaing, ataupun secara langsung pada konsumen produk edamame pada PT. Mitratani 27 Jember. Dalam penelitian ini terdapat tujuh hipotesis, yaitu diferensiasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, variasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, inovasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, keunggulan bersaing terhadap kepuasan konsumen, diferensiasi produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, variasi produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, dan inovasi produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen. Penelitian ini menggunakan Non Probability Sampling dengan teknik Purposive Sampling, didapat 150 orang responden yang dilakukan pada bulan Maret dan April 2014.
Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis Structural Equation Modeling (SEM). Setelah data terbukti valid dan reliabel serta uji kelayakan model terbukti baik, maka dilakukan uji Structural Equation Modeling (SEM) dengan tingkat signifikansi <0,5. Hasilnya membuktikan bahwa enam hipotesis yakni diferensiasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, variasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, inovasi produk berpengaruh terhadap keunggulan bersaing, keunggulan bersaing berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, variasi produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen, dan inovasi produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen dapat diterima dengan positif dan signifikan. Sedangkan hipotesis diferensiasi produk berpengaruh terhadap kepuasan konsumen tidak signifikan. Dengan demikian untuk membangun kepuasan konsumen secara tidak langsung maka perlu melakukan diferensiasi, variasi, dan inovasi produk sehingga akan meningkatkan keunggulan bersaing. Secara langsung produsen perlu memperhatikan variasi dan inovasi produk, karena hal ini berpengaruh secara signifikan.