PENGARUH RELATIONSHIP MARKETING TERHADAP MOTIVASI PEMBELIAN DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN FASHION ONLINE SHOP PADA KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Tujuan penelitian ini antara lain untuk menjelaskan
pengaruh Relationship Marketing terhadap motivasi pembelian konsumen pada
fashion online shop pada mahasiswa fakultas Ekonomi Universitas Jember; untuk
menjelaskan pengaruh Relationship Marketing terhadap keputusan pembelian
konsumen pada fashion online shop pada mahasiswa Fakultas Ekonomi
Universitas Jember; untuk menjelaskan pengaruh motivasi pembelian terhadap
keputusan pembelian konsumen pada fashion online shop pada mahasiswa
Fakultas Ekonomi Universitas Jember.
Jenis penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa Univesrsitas Jember yang merupakan konsumen fashion online.
Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 70 responden.
Metode analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas dan analisis jalur.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa Relationship Marketing
berpengaruh signifikan terhadap motivasi pembelian. Hal itu menunjukkan bahwa
semakin baik Relationship Marketing maka semakin tinggi motivasi pembelian.
Relationship Marketing berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian
konsumen. Hal itu menunjukkan bahwa semakin baik Relationship Marketing
maka semakin tinggi keputusan pembelian. Motivasi berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian. Hal itu berarti bahwa semakin tinggi motivasi
pembelian maka semakin tinggi keputusan pembelian.