PEMASARAN DALAM KEMITRAAN BISNIS: PERSPEKTIF MANAJER DI SEMBILAN PERUSAHAAN
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif kualitatif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.
Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara (interview) dengan
menggunakan pedoman wawancara. Penentuan informan dalam penelitian ini
merupakan informan kunci dengan menggunakan metode purposive. Metode
analisis data dalam penelitian ini melalui empat langkah yaitu pengumpulan data,
reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah pengertian kemitraan diartikan
sebagai suatu metode, strategi, dan sistem kerjasama saling menguntungkan
antara perusahaan dengan mitranya yang dapat memberikan manfaat bagi pihakpihak
terkait dan dituangkan dalam perjanjian kerjasama. Jenis kemitraan
berdasarkan hubungan organisasionalnya ada dua macam yaitu kemitraan
eksternal dan kemitraan internal. Dampak kemitraan tersebut pada pemasaran
perusahaan dapat dilihat dari beberapa faktor yaitu perluasan jaring-jaring
pemasaran, peningkatan penjualan, upaya promosi, profit sharing, kepastian
pasokan, dan penentuan strategi pemasaran.