IMPLEMENTASI BAURAN PEMASARAN PADA PT. RELIANCE SECURITIES, Tbk CABANG JEMBER
Abstract
Bagi masyarakat Indonesia sendiri adanya investasi secara tidak langsung
seperti pembelian saham dan obligasi belum cukup dipahami oleh masyarakat,
karena masih menjadi hal baru untuk masyarakat Indonesia dan juga informasi
dan sosialisasi tentang investasi tidak langsung ini belum menyeluruh ke seluruh
lapisan masyarakat Indonesia, sehingga mereka kesulitan untuk menerapkannya di
kehidupan sehari-hari.
Peran bauran pemasaran dalam memasarkan produk investasi yang
diterapkan instansi-instansi terkait semakin memperlihatkan perkembangan yang
cukup bagus walaupun dana investasi yang beredar di pasar modal masih di
dominasi oleh asing. Hal ini membuat perusahaan di bidang pasar modal berusaha
mengembangkannya dengan mendirikan cabang perusahaan di seluruh Indonesia.
PT. Reliance Securities, Tbk adalah perusahaan sekuritas yang mampu tumbuh
dan berkembang dalam memasarkan produk investasi di seluruh Indonesia
termasuk wilayah Jember.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan produk – produk
yang ditawarkan oleh PT. Reliance Securities, Tbk Cabang Jember yaitu saham,
reksadana dan obligasi, tarif untuk pemakaian jasa termasuk murah, promosi yang
dilakukan di masyarakat umum masih belum efektif, lokasi kantor cukup strategis,
karyawan mampu bekerja secara professional, pelayanan yang cukup memuaskan,
fasilitas yang diberikan cukup terpenuhi.
Strategi yang dilakukan PT. Reliance Securities, Tbk Cabang Jember yaitu
bekerja sama dengan perguruan tinggi sehingga memudahkan dalam memberikan
pengetahuan pasar modal melalui kegiatan – kegiatan edukasi yang ada di
Fakultas Ekonomi Universitas Jember melalui Galery Investasi.