PENGARUH GREEN PRODUCT DAN GREEN ADVERTISING TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MEMBELI MOBIL SUZUKI KARIMUN WAGON R DI KOTA JEMBER (Studi Kasus Pada Konsumen Yang Telah Memutuskan Membeli Mobil Suzuki Karimun Wagon R)
Abstract
Green marketing merupakan pemasaran ramah lingkungan untuk meminimalisir dampak rusaknya lingkungan. Banyak konsumen yang semakin sadar terhadap permasalahan lingkungan menjadikan banyak perusahaan menerapkan isu-isu lingkungan sebagai bentuk strategi pemasaran. PT United Motor Center (UMC) Suzuki adalah salah satu perusahaan otomotif yang telah menerapkan green marketing. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisis pengaruh green product dan green advertising terhadap keputusan konsumen membeli mobil Suzuki Karimun Wagon R di kota Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian explanatory research. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh konsumen yang telah membeli mobil Suzuki Karimun Wagon R di kota Jember. Sampel yang terpilih sebanyak 80 responden. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria tertentu yaitu, konsumen yang telah membeli mobil Suzuki Karimun Wagon R di kota Jember. Metode analisis data menggunakan regresi linier berganda dengan pendekatan confirmatory yaitu menganalisis data dengan melakukan perhitungan-perhitungan menurut metode penelitian kuantitatif dengan menggunakan program Amos.
Penelitian ini memperoleh hasil dan kesimpulan bahwa seluruh variabel yaitu, green product dan green advertising berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen membeli mobil Suzuki Karimun Wagon R di kota Jember. Oleh karena itu PT United Motors Center (UMC) Suzuki Jember perlu mempertahankan dan meningkatkan green product dan green advertising agar konsumen akan tetap selalu melakukan pembelian mobil Suzuki Karimun Wagon R di kota Jember.