STRATEGI PEMASARAN PEDAGANG ECERAN TRADISIONAL MENGHADAPI PERSAINGAN DENGAN PEDAGANG ECERAN MODERN (Studi Di Tiga Kecamatan Utama Kabupaten Jember)
Abstract
Perkembangan bisnis eceran modern di Kabupaten Jember tidak luput dari
campur tangan pemerintah dalam hal perizinan pembangunan secara besarbesaran.
Hal ini menjadikan pedagang eceran tradisional yang sudah ada sejak
lama menjadi terusik keberadaannya karena sebagian masyarakat pindah haluan
ke pedagang eceran modern yang notabene memiliki beberapa keunggulan
dibanding pedagang eceran tradisional.
Berangkat dari hal tersebut, fokus penelitian ini ialah untuk mengetahui
strategi khusus yang dimiliki pedagang eceran tradisional dalam mempertahankan
pelanggan di tengah jaman yang semakin pesat dan informasi yang tidak terbatas.
Penelitian ini dilakukan di tiga Kecamatan Utama Kabupaten Jember yang
letaknya berada strategis di pusat kota, yaitu Kaliwates, Patrang dan Sumbersari.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang pengumpulan datanya
dilakukan dengan cara wawancara mendalam terhadap pedagang eceran
tradisional di tiga Kecamatan tersebut.
Hasil penelitian menggambarkan bahwa masih ada ruang dan celah bagi
pedagang eceran tradisional untuk bertahan asal mereka mau berusaha untuk terus
mengembangan tokonya dan mempertahankan pelanggan yang selama ini dengan
setia datang ke tokonya.