• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER BERNUANSA KONTEKSTUAL PADA LUAS PERMUKAAN SERTA VOLUME KUBUS DAN BALOK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 5 BONDOWOSO TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    Niken Tiara Septiana.pdf (258.1Kb)
    Date
    2013-12-07
    Author
    Niken Tyara Septiana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Model Learning Together (LT) ini merupakan salah satu bentuk belajar dengan metode pembelajaran kooperatif. Model LT berakar dari suatu motivasi, dikembangkan oleh Davit Jonhson dan Roger Jonhson. Dalam belajar bersama terjadi suatu proses kelompok yaitu cara individu mengadakan relasi dan kerjasama dengan individu lain untuk mencapai tujuan bersama. Pembelajaran di SMP Negeri 5 Bondowoso kelas VIII A cenderung text book oriented dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa. Aktivitas belajar siswa SMP Negeri 5 Bondowoso kelas VIII A sangat pasif, ini dikarenakan kegiatan pembelajaran masih didominasi oleh guru yang masih menggunakan metode ceramah dalam kegiatan belajar mengajarnya. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran Learning Together (LT) Bernuansa Konstektual pokok bahasan Luas Permukaan serta Volume Kubus dan Balok pada siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Bondowoso tahun ajaran 2010/2011; (2) Bagaimanakah aktivitas siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Bondowoso selama proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Learning Together (LT) Bernuansa Konstektual pada pokok bahasan Luas Permukaan serta Volume Kubus dan Balok; (3) Bagaimanakah ketuntasan belajar siswa kelas VIII A SMP Negeri 5 Bondowoso setelah proses pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran Learning Together (LT) Bernuansa Konstektual pada pokok bahasan Luas Permukaan serta Volume Kubus dan Balok. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Model skema dalam penelitian ini adalah model Hopkins yang menggunakan dua siklus yang tiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes, dan metode interview. Metode observasi dilakukan untuk mengetahui aktivitas siswa serta guru dan juga untuk mengetahui kesulitan – kesulitan yang terjadi selama pelaksanaan Pembelajaran Learning Together Bernuansa Kontekstual. Metode tes digunakan untuk mengetahui ketuntasan siswa sebelum dan sesudah Pembelajaran Learning Together Bernuansa Kontekstual. Sedangkan metode Interview digunakan untuk mengetahui tanggapan siswa dan guru mengenai Pembelajaran Learning Together Bernuansa Kontekstual ini. Pembelajaran dilakukan dalam dua siklus yang tiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan, sebelum siklus pertama dilakukan ada tindakan pendahuluan yang dilakukan yaitu berupa tes pendahuluan. Dari tes pendahuluan didapat siswa yang tuntas belajar dengan prosentase ketuntasan belajar secara klasikal hanya mencapai 47,22%. Dari tes pendahuluan dapat disimpulkan siswa masih terlalu banyak melakukan kesalahan dalam pengerjaan soal – soal luas permukaan serta volume kubus dan balok, ini dikarenakan siswa masih kurang memahami konsep tentang luas permukaan serta volume kubus dan balok. Siklus pertama dilakukan dengan menggunakan metode Pembelajaran Learning Together Bernuansa Kontekstual, pada siklus I ini siswa tampak sangat antusias melaksanakan semua tahapan dalam pembelajaran Learning Together Bernuansa Kontekstual dan pada akhir pembelajaran siswa diberikan tes siklus I. Pada siklus II siswa sudah mulai terbiasa dengan pembelajaran ini, jadi siswa sudah tidak canggung dan melaksanakan semua tahapan pembelajaran dengan sangat baik. Dari hasil observasi pada siklus I dan II didapatkan prosentase aktivitas siswa secara klasikal meningkat dari 89,35% menjadi 93,52%, aktivitas kelompok juga meningkat dari 82,40% menjadi 92,35%. Dari hasil wawancara dengan siswa didapatkan siswa sangat senang dan antusias dengan pembelajaran Learning Together Bernuansa Kontekstual ini, serta hasil wawancara dengan guru juga mendapatkan tanggapan yang sangat positif dengan pembelajaran Learning Together Bernuansa Kontekstual ini. Hasil tes menunjukkan hasil yang sangat menggembirakan, dari persentase ketuntasan siswa pada siklus I yang hanya 75,76% meningkat menjadi 81,86%. Ini membuktikan pembelajaran Learning Together Bernuansa Kontekstual dapat menjadi alternatif yang menarik untuk meningkatkan aktivitas siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5949
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15281]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository