PERAN DAN STRATEGI PENGEMBANGAN SEKTOR PERDAGANGAN DI JAWA TIMUR
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran sektor perdagangan di Jawa Timur, mengetahui prioritas sub sektor yang diunggulkan di Jawa Timur, dan strategi prioritas terhadap pengembangan sub sektor yang diunggulkan. Penelitian ini menggunakan analisis input-output untuk menganalisis keterkaitan antar sektor, dan dampak pengganda. Untuk memperoleh sektor unggulan, menggunakan analisis multi factor evaluation process. Selanjutnya, strategi prioritas terhadap pengembangan sub sektor unggulan dianalisis menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Peran sektor perdagangan terkait kontribusi terhadap PDRB Jawa Timur relatif besar, dilihat melalui keterkaitan dan dampak pengganda yang relatif tinggi dibandingkan dengan sektor lainnya. Tetapi sektor ini orientasinya di hulu, sehingga kurang menarik sektor lain untuk tumbuh. 2) Prioritas sub sektor unggulannya adalah sub sektor perdagangan eceran, bukan mobil dan motor yang mampu mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Timur. 3) Strategi prioritas untuk pengembangan sub sektor yang diunggulkan, menggunakan strategi SO (Stregth-Opportunity). Dengan memiliki kekuatan dan peluang sehingga dapat memanfaatkan peluang yang ada semaksimal mungkin.