PENGARUH LUAS PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL TERHADAP PROFITABILITAS PERUSAHAAN NON KEUANGAN TERBUKA DI INDONESIA TAHUN 2011-2013
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada perusahaan Non Keuangan Terbuka di Indonesia
tahun 2011-2013. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui serta menganalisis
pengaruh luas pengungkapan tanggung jawab sosial terhadap profitabilitas
perusahaan yang diukur menggunakan Return On Asset (ROA).
Berdasarkan pemilihan sampel dengan menggunakan metode purposive
sampling, diperoleh 337 perusahaan yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan.
Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder yang diperoleh
dari Laporan Tahunan Perusahaan Non Keuangan Terbuka yang terdaftar di BEI
tahun 2011-2013 yang kemudian diproses dan dianalisis dengan menggunakan
metode regresi linear sederhana dengan bantuan pengolahan SPSS.
Hasil pengujian hipotesis dalam penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh positif yang signifikan luas pengungkapan tanggung jawab sosial terhadap
profitabilitas perusahaan.