Analisis Kos Pendistribusian Produk Terhadap Harga Jual dan Kebijakan Pendistribusian Produk (Studi Kualitatif pada Pt. SAI Indonesia khususnya DEPO Jember)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besarnya kos yang
dikeluarkan perusahaan sehingga dari besarnya kos tersebut dapat diketahui
penjualan minimal perusahaan. Selain itu peneliti mencoba untuk melakukan
penghematan kos dari pembebanan kos yang bersifat terkait/langsung dengan
pendistribusian produk agar tercapai harga baru yang menghemat kos yang
dikeluarkan perusahaan. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif pada
perusahaan distributor milik Martha Tilaar Group yaitu Pt. SAI Indonesia
khususnya pada Depo Jember. Peneliti mencoba menelusuri semua kos yang
terkait dengan kegiatan perusahaan distributor ini, kemudian peneliti mencoba
mengklasifikasikan kos-kos tersebut sehingga dapat mengurangi kos yang bersifat
terkait/langsung dengan pendistribusian produk dengan membebankan kepada
harga jual Depo dan mendapatkan harga baru untuk menghemat kos yang
dikeluarkan.
Hasil dari penelitian ini adalah besarnya penjualan minimal yang harus
dicapai oleh Pt. SAI Indonesia Depo Jember per harinya dan harga baru yang
harus diterapkan perusahaan apabila penghematan pada kos yang terkait langsung
dengan pendistribusian produk dibebankan kepada harga jual perusahaan. Tentu
saja hasil dari penelitian ini merupakan suatu pertimbangan kebijakan yang akan
diambil oleh perusahaan, karena dalam penjualan barang dan pendistribusiannya
terdapat berbagai variabel yang harus dipertimbangkan sehingga perusahaan dapat
bersaing dengan para pesaingnya.