ANALISIS PENENTUAN COST OF SERVICE PADA CV. PARADISO TRAVEL AGENT DAN CV. SHAFIRA MAULANA TOUR AND TRAVEL
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjelaskan bagaimana
proses penentuan cost of service yang dilakukan oleh CV. Paradiso Travel Agent dan
CV. Shafira Maulana Tour And Travel. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu untuk
mengetahui dan menjelaskan perbedaan perhitungan cost of service yang dilakukan
dengan menggunakan kedua metode tersebut dimana metode full costing yang
dilakukan oleh biro perjalanan wisata dan metode variabel costing yang dilakukan
oleh peneliti, serta mengetahui bagaimana solusi dan strategi yang akan digunakan
oleh biro perjalanan wisata di saat terdapat permasalahan dalam rentang waktu
pemesanan, setelah terjadinya MOU. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan
objek penelitian Biro Perjalanan Wisata di wilayah Jember yakni pada CV. Paradiso
Travel Agent Dan CV. Shafira Maulana Tour And Travel. Data dalam penelitian ini
diperoleh dari hasil wawancara dan observasi di lapangan dan pada nantinya akan
dianalisis dengan menggunakan deskriptif kualitatif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kedua biro perjalanan wisata yang
dijadikan sebagai objek penelitian menggunakan metode full costing, penerapan
metode tersebut menghasilkan besarnya cost of service dalam setiap paket wisata
terlalu besar dibandingakan dengan menggunakan metode variabel costing. Sebab
dalam variabel costing tidak memasukkan biaya tetap dalam penyusunan cost of
service, namun menjadikan biaya tetap sebagai biaya periodik sehinnga pembebanan
kepada biaya tetap akan merata pada setiap paket wisata yang dipesan oleh
konsumen. Terdapat perbedaan solusi dan strategi yang digunakan oleh kedua biro
perjalanan wisata dalam permasalahan dalam rentang waktu pemesanan.