Show simple item record

dc.contributor.authorRayendra Wahyu, Bachtiar
dc.date.accessioned2014-10-13T03:46:57Z
dc.date.available2014-10-13T03:46:57Z
dc.date.issued2014-10-13
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59389
dc.descriptionInfo lebih lanjut hub: Lembaga Penelitian Universitas Jember Jl. Kalimantan No.37 Telp. 0331-339385 Fax. 0331-337818 Jemberen_US
dc.description.abstractPenalaran ilmiah memiliki peranan penting dalam penyelesaian masalah. Kemampuan tersebut harus dimiliki oleh calon pendidik khususnya pendidik di bidang fisika. Namun, alat ukur kemampuan penalaran ilmiah yang sudah ada masih umum dan tidak dikhususkan pada bidang fisika. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mengembangkan instrumen pengukuran kemampuan penalaran ilmiah fisika. Metode penelitian pengembangan ini merujuk pada metode R&D Borg and Gall dan Sugiyono yang disesuaikan dengan kebutuhan, yaitu (1) studi pendahuluan, (2) Desain produk, (3) Validasi produk, (4) uji coba produk, dan (5) revisi produk akhir. Jenis data yang diperoleh adalah data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif digunakan sebagai data kelayakan instrumen dan data kualtitatif digunakan sebagai acuan revisi produk. Hasil analisis data terhadap validasi dan uji coba produk dapat disimpulkan bahwa produk instrumen layak digunakan sebagai pengukuran kemampuan penalaran ilmiah fisika dan kemampuan penalaran ilmiah fisika dapat digolongkan menjadi dua jenis yaitu Hypothetical Deductive dan Empirical Inductive.en_US
dc.publisherFKIP'13en_US
dc.relation.ispartofseriesPemula;214
dc.subjectEmpirical inductiveen_US
dc.subjecthypothetical deductiveen_US
dc.subjectpenalaran ilmiahen_US
dc.titlePENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKURAN KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH FISIKA (KAJIAN KEMAMPUAN PENALARAN ILMIAH MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record