ANALISIS PENGARUH KOMUNITAS DAN IKLAN TERHADAP MINAT MENONTON FILM DI BIOSKOP PADA MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS JEMBER
Abstract
Perilaku konsumen sangat dinamis artinya mudah berubah. Minat
menonton merupakan perilaku konsumen yang dapat berubah karena pengaruh
dari banyak faktor. Komunitas dan iklan merupakan beberapa dari banyak faktor
yang dapat mempengaruhi minat menonton seseorang. Di berbagai negara
produksi film meningkat, kegiatan promosi film melalui iklan di televisi juga ikut
meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklan dan
komunitas terhadap minat menonton konsumen yang akhirnya menjadi motivasi
keputusan membeli.
Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan (explanatory research).
Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas
Jember. Sampel yang dipilih sebanyak 90 responden Tehnik pengambilan sampel
menggunakan purposive sampling. Metode analisis data menggunakan Analasis
Regresi Linier Berganda dengan Pendekatan Konfirmatori. Hasil dari penelitian
menunjukkan bahwa kedua variabel berpengaruh secara signifikan. Komunitas
dan Iklan berpengaruh signifikan terhadap minat menonton film di bioskop.