ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN
Abstract
Value is represented by the maket price of the company’s common stock
which in turn, is a function of firm’s investment, financing and dividend decision.
Ketiga keputusan tersebut, tidak dapat diambil secara independen. Ketiga
keputusan pendanaan, keputusan investasi dan keputusan dividen saling
mempengaruhi, sehingga kebijakan manajemen keuangan ditentukan secara
simultan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang
mempengaruhi nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor barang
dan konsumsi. Faktor-faktor yang dikaji meliputi ROA, risiko bisnis, DTA, DER,
pertumbuhan perusahaan, ROI, CR serta TATO.
Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan
perusahaan selama periode 2009-2012 yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek
Indonesia (www.idx.co.id). Melalui metode purposive sampling, diperoleh 27
perusahaan manufaktur sub sektor barang dan konsumsi sebagai sampel
penelitian. Metode analisis yang digunakan adalah regresi linear berganda.
Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa ROA, BRISK, DTA,
DER, GROWTH, ROI, CR, dan TATO secara simultan berpengaruh signifikan
terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur sub sektor barang dan
konsumsi.. Secara parsial, kedelapan variabel tersebut memiliki pengaruh yang
bervariasi. Variabel DTA dan DER yang merupakan alat ukur keputusan
pendanaan memiliki pengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan dengan DTA
memiliki arah pengaruh negatif dan DER memiliki arah pengaruh pisitif. Untuk
keputusan investasi yang diukur dengan ROA dan risiko bisnis, dan keputusan
dividen yang diukur dengan GROWTH, ROI, CR, dan TATO, tidak memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap nilai perusahaan.