PENGARUH IKLAN MIE SEDAAP TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN MAHASISWA FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI JEMBER
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis variabel-variabel iklan
terhadap keputusan pembelian Mie Sedaap oleh konsumen di wilayah perkotaan
Kabupaten Jember dan untuk menentukan faktor paling dominan yang
mempengaruhi keputusan pembelian Mie Sedaap oleh konsumen di wilayah
perkotaan Kabupaten Jember. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen di
wilayah perkotaan Kabupaten Jember yang membeli Mie Sedaap. Penentuan
sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Jumlah
sampel yang menjadi responden sebanyak 6 x 15 (jumlah variabel) = 90
responden. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis faktor dan
analisis regresi linier berganda. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan pada
penelitian ini, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: a). dari 15 variabel
yang diajukan, terbentuk 4 faktor iklan, yaitu: Faktor 1 terdiri dari Tema iklan,
Relevan/masuk akal, Komunikatif dan Entertaining/ menghibur. Faktor 1 diberi
nama faktor isi pesan. Faktor 2 terdiri dari :, Kredibiltas artis, Desain iklan,
Kualitas Audio dan Kualitas Visual. Faktor 2 diberi nama faktor format pesan.
Faktor 3 terdiri dari : Motivasi Iklan, Repetisi iklan, Argumentasi iklan dan
Kesimpulan iklan. Faktor 3 diberi nama faktor struktur pesan. Faktor 4 terdiri dari
: Daya tarik artis, dan Popularitas artis. Faktor 4 diberi nama faktor sumber pesan
dan b).Variabel sumber pesan berpengaruh paling dominan terhadap keputusan
pembelian konsumen di wilayah perkotaan Kabupaten Jember terhadap Mie
Sedaap.