Show simple item record

dc.contributor.authorIres Orinyu
dc.date.accessioned2013-12-07T03:44:45Z
dc.date.available2013-12-07T03:44:45Z
dc.date.issued2013-12-07
dc.identifier.nimNIM060210101015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5929
dc.description.abstractPembelajaran kontekstual (Contextual Teaching and Learning) adalah pembelajaran yang dimulai dengan mengambil (mensimulasikan, menceritakan) kejadian pada dunia nyata kehidupan sehari-hari yang dialami siswa kemudian diangkat kedalam konsep matematika yang dibahas. Pembelajaran kontekstual mempunyai tujuh komponen utama yaitu konstruktivisme (constructivism), bertanya (questioning), menemukan (inquiry), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling), refleksi (reflection) dan penilaian sebenarnya (authentic assessment). Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas XII APK SMK PGRI 05 Jember selama ini cenderung menggunakan metode ceramah. Guru berperan lebih dominan dalam pembelajaran sehingga aktifitas siswa selama kegiatan belajar mengajar tidak tampak dan siswa cenderung pasif. Penilaian yang dilakukan di kelas XII APK 2 2 SMK PGRI 05 Jember selama ini hanya berdasarkan hasil tes sebagai alat ukur kemampuan siswa dan keberhasilan belajar. Akibatnya hasil belajar saja yang dinilai sedangkan proses siswa memperoleh pengetahuan terabaikan dari penilaian. Upaya lain yang dilakukan dalam penyempurnaan dan perbaikan pembelajaran perlu diiringi sistem penilaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji penerapan pembelajaran kontekstual dengan penilaian portofolio, untuk mengkaji peningkatan aktivitas siswa dalam pembelajaran kontekstual dengan penerapan penilaian portofolio dan untuk mengkaji peningkatan ketuntasan belajar siswa setelah pembelajaran kontekstual dengan menerapkan penilaian portofolio materi statistik pada siswa kelas XII semester Ganjil SMK PGRI 05 Jember tahun pelajaran 2010/2011. Pengambilan data dimulai pada tanggal 8 – 13 Desember 2010 dengan subjek penelitian siswa kelas XII APK 2 SMK PGRI 05 Jember. Siswa kelas XII APK ada 36 orang dengan 7 siswa dan 29 siswi. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, observasi, wawancara dan tes. Penilaian dengan menggunakan penilaian berbasis portofolio merupakan penilaian dengan menggunakan kumpulan hasil pekerjaan siswa yang terdiri dari aktivitas siswa, jurnal belajar harian siswa, rangkuman, proyek, refleksi akhir pembelajaran, daftar kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal, LKS, kuis, PR dan tes. Dengan penerapan penilaian portofolio, dapat dilihat nilai siswa yang ulangannya tinggi belum tentu dalam kegiatan belajar mengajarnya aktif. Begitu juga sebaliknya, siswa yang ulangannya rendah tetapi aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan ada juga yang aktif sekaligus nilai ulangannya tinggi. Pada siklus I, ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebesar 82.6%. Sedangkan pada siklus II, ketuntasan belajar siswa secara klasikal meningkat menjadi 86.8%. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan penilaian berbasis portofolio dapat meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210101015;
dc.subjectPembelajaran Kontekstual Dengan Penilaian Berbasis Portofolioen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DENGAN PENILAIAN BERBASIS PORTOFOLIO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI STATISTIKA PADA SISWA KELAS XII SEMESTER GANJIL SMK PGRI 05 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record