• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUALY) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA POKOK BAHASAN PERNYATAAN, KALIMAT MAJEMUK DAN NILAI KEBENARANNYA PADA SISWA KELAS X SMK GAJAH MADA BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2010/2011

    Thumbnail
    View/Open
    EKO PRASETYO.pdf (77.73Kb)
    Date
    2013-12-07
    Author
    EKO PRASETYO
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Rendahnya pemahaman siswa pada materi pelajaran matematika masih sering terjadi pada dunia pendidikan saat ini. Hal ini dimungkinkan, salah satunya oleh pembelajaran yang diterapkan oleh guru. Guru pada umumnya menerapkan pembelajaran konvensional. Hal itu menyebabkan siswa kurang dapat berinteraksi dengan komponen yang ada pada lingkungan kelas, siswa menjadi tidak aktif sehingga siswa kurang memahami materi pelajaran. Permasalahan inilah yang menjadi latar belakang penelitian ini. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang menerapkan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI (somatic, auditory, visual, intellectualy). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI, bagaimana aktifitas belajar siswa dan berapa tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI. Penelitian ini dilaksanakan di kelas X TKJ 2 SMK Gajah Mada Banyuwangi Gajah Mada Banyuwangi pada tanggal 25 April sampai 29 April 2011. Pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI ini terdiri dari 4 komponen yang harus ada dan dilaksanakan secara terpadu dan simultan. Keempat komponen tersebut yaitu somatic (pembelajaran melalui gerakan tubuh), auditory (melalui pemanfaatan media suara), visual(melalui hal-hal yang dapat dilihat) serta intellectualy (melalui proses berpikir/nalar). Penyelesaian soal oleh siswa dikerjakan secara berkelompok dan hasil pekerjaan sswa dipresentasikan. Aktivitas siswa yang diamati pada pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI ini adalah aktivitas mencatat, mendengarkan, menggunakan alat peraga, bertanya/menjawab, aktivitas mengeluarkan pendapat, aktivitas berdiskusi dalam kelompok dan presentasi. Sedangkan aktivitas guru yang diamati adalah aktivitas membuka pelajaran, memberikan pertanyaan terbuka kepada siswa, memberi kesempatan pada siswa untuk mengemukakan pendapat, membagi kelompok, membimbing kelompok belajar, mendorong dan memotifasi siswa agar terlibat dalam diskusi kelompok, meminta siswa untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya, memimpin jalannya diskusi, dan mengevaluasi. Persentase aktivitas siswa secara klasikal pada siklus pertama mencapai 79,85%, sedangkan pada siklus kedua mencapai 90,87%, sehingga diperoleh peningkatan aktivitas siswa dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 11,02%. Persentase aktivitas guru pada siklus pertama mencapai 90,48% sedangkan pada siklus kedua persentase aktivitas guru mencapai 95,24%. Dengan demikian diperoleh peningkatan aktivitas guru dari siklus pertama ke siklus kedua sebesar 4,76%. Hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI telah mencapai ketuntasan secara klasikal sebesar 89,47%. 34 siswa tuntas secara individual dan 4 siswa tidak tuntas secara individual. Dalam pengambilan data, penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi,tes dan wawancara. Data yang dianalisis adalah hasil observasi aktivitas siswa dan guru, serta hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI berjalan dengan baik dan lancar. Hal ini diindikasikan pada kegiatan-kegiatan guru yang telah dilaksanakan sesuai dengan rancangan pembelajaran dan guru tidak mengalami kendala yang berarti dalam melaksanakan pembelajaran. Namun demikian, pembelajaran kooperatif dengan pendekatan SAVI ini sangat memerlukan sarana dan prasarana yang memadai demi terlaksananya pembelajaran yang baik.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5918
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository