Desain Tugas Dan Asesmen Berbasis Proyek Yang Terintegrasi Dengan E-Learning Melalui Pendekatan Pembelajaran Scientific Untuk Mata Kuliah Mathematics Learning Strategy
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat desain tugas dan asesmen berbasis proyek yang terintegrasi dengan e-learning melalui pendekatan pembelajaran scientific untuk mata kuliah Mathematics Learning Strategy. Untuk memperoleh perangkat ini digunakan model pengembangan perangkat Plomp (1997) melalui fase investigasi awal, design, realisasi, serta tes, evaluasi dan revisi. Pada fase investigasi ditemukan bahwa ada 4 kesulitan dalam pelaksanaan pembelajaran mata kuliah Mathematics Learning Strategy yaitu: (1) perbedaan kemampuan mahasiswa dalam bahasa pengantar bahasa Inggris, (2) kekhawatiran melemahnya kreativitas mahasiswa, (3) penugasan yang diberikan lebih bersifat kajian teoritis (content) daripada kajian praktis (pedagogik), (4) Penilaian tidak dilaksanakan secara menyeluruh. Permasalahan ini akan berdampak pada tidak terintegrasikannya pengetahuan (content) dan ketrampilan (pedagogyc). Perangkat yang dihasilkan meliputi tugas dan instrumen asesmen berbasis proyek. Desain tugas yang dihasilkan yaitu video observation project, simulation and presentation project, video making project, dan portfolio sedangkan instrumen yang dihasilkan students woksheet, presentation rubric, self assessment, partner assessment, video project rubric. Semua desain tugas dan perangkat yang telah dikembangkan diujikan kepada mahasiswa penempuh mata kuliah Mathematics Learning Strategy pada semester ganjil tahun ajaran 2013/2014. Respon yang, baik mahasiswa ataupun dosen memberikan respon positif terhadap penggunaan perangkat proyek dan assessmennya.