Show simple item record

dc.contributor.authorDiana Qomariyah
dc.date.accessioned2013-12-07T03:21:24Z
dc.date.available2013-12-07T03:21:24Z
dc.date.issued2013-12-07
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5912
dc.description.abstractProblem Posing ini termasuk strategi pembelajaran yang membutuhkan kerjasama antara individu satu dengan individu lain yang terbentuk dalam satu kelompok sehingga setiap siswa harus dapat mengajukan masalah dan pendapatnya. Berdasarkan hasil wawancara guru mata pelajaran di SMP Negeri 7 Jember menyatakan bahwa masih banyak siswa yang mengalami kesulitan saat siswa menyelesaikan soal cerita atau soal-soal bergambar berkaitan dengan alas dan tinggi segitiga. Hal ini dapat dilihat dari hasil UTS Semester Gasal yang menunjukkan hasil yang kurang dari standart ketuntasan 70. Siswa masih ada yang belum mengerti mengenai soal berkaitan dengan gambar atau soal cerita. Sehingga untuk mengatasi kesulitan yang berakibat pada kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal–soal berupa gambar dan soal cerita maka diperlukan strategi belajar yang baik agar dalam menyelesaikan soal – soal keliling dan luas segitiga berupa gambar dan soal cerita dapat teratasi. Selama ini guru mata pelajaran matematika SMPN 7 Jember dalam mengajar masih sering menggunakan metode ceramah yaitu metode dimana guru mempunyai peran yang dominan. Guru sudah berusaha melakukan perbaikan, salah satunya dengan melakukan remidi terhadap siswa yang nilainya di bawah KKM namun masih saja banyak siswa yang melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal-soal subpokok bahasan keliling dan luas segitiga dan kurang memahami konsep pada subpokok bahasan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan Problem Posing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Segitiga Kelas VIIA di SMPN 7 Jember, untuk mengetahui dan mengkaji aktivitas siswa dalam Penerapan Pembelajaran Problem Posing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Segitiga Kelas VIIA di SMPN 7 Jember serta untuk mengetahui kesalahan siswa dapat teratasi dalam Penerapan Pembelajaran Problem Posing pada Subpokok Bahasan Keliling dan Luas Segitiga Kelas VIIA di SMP Negeri 7 Jember. Berdasarkan data yang diberikan guru mata pelajaran matematika tersebut diketahui bahwa kelas VIIA adalah salah satu kelas yang kebanyakan siswanya tidak tuntas dalam menyelesaikan soal cerita atau bergambar. Hal ini disebabkan oleh kemampuan siswa yang kurang memahami materi yang diajarkan, selain itu dasar materi yang diajarkan di lembaga pendidikan sebelumnya masih kurang, sehingga siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal berupa gambar dan soal cerita. Oleh karena itulah, subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP Negeri 7 Jember yang kemampuan siswanya heterogen. Materi yang menjadi sasaran dalam penelitian ini adalah keliling dan luas segitiga. Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah metode tes, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pelaksanaan penelitian diawali dengan tes pendahuluan yang dikerjakan secara individu oleh siswa. Tes pendahuluan yang diberikan ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal keliling dan luas segitiga. Setelah hasil tes pendahuluan diperoleh maka dilakukan siklus I dengan strategi pembelajaran problem posing. Siswa dalam pembelajaran dikelompokkan yang terdiri dari 4-5 orang. Selain itu, sebelum pembelajaran (pada apersepsi) guru menyampaikan tujuan, memotivasi siswa agar lebih semangat belajar, dan menyampaikan model pembelajaran yang digunakan. Jika siklus I sudah dilaksanakan maka akan dilaksanakan siklus II. Pelaksanaan siklus II pada penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil refleksi siklus I. Penerapan Pembelajaran Problem Posing untuk mengatasi kesalahan siswa kelas VIIA SMP Negeri 7 Jember dalam menyelesaikan soal – soal subpokok bahasan keliling dan luas segitiga pada semester genap Tahun Ajaran 2009/ 2010 dengan 2 siklus dapat terlaksana dengan lancar, Siswa awalnya perlu adaptasi dengan strategi pembelajaran yang digunakan karena dalam pembelajaran siswa belajar berkelompok tidak seperti pembelajaran sebelumnya dan dituntut untuk dapat mengajukan soal sesuai dengan peramasalahan yang ada sehingga siswa akan lebih aktif dalam menyelesaikan soal secara berkelompok. Hasil analisis aktivitas siswa mengalami peningkatan, untuk setiap pertemuannya. Seperti halnya aktivitas siswa, aktivitas guru juga mengalami peningkatan setiap pertemuan. Peningkatan aktivitas siswa dan guru ini sangat membantu keberhasilan penerapan strategi pembelajaran problem posing untuk mengatasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal – soal subpokok bahasan keliling dan luas segitiga. Sebelum pembelajaran dilaksanakan tes pendahuluan, hasi dari tes tersebut antara lain kesalahan data 20,4%, kesalahan teorema 17,1%, kesalahan teknis 11,9%, kesalahan bahasa 11,4% dan kesalahan lain- lain 8,5%. Sedangkan prosentase ketuntasan belajar siswa adalah 9,52%. Ada 5 jenis kesalahan yang akan diteliti yaitu kesalahan data, kesalahan tekhnis, kesalahan teorema, kesalahan bahasa, dan kesalahan yang lain. Berdasarkan hasil dari 2 tes di atas dapat diketahui bahwa ada penurunan kesalahan pada setiap tes yang diberikan. Hal ini disebabkan siswa masih bingung dalam menentukan informasi yang terdapat dari soal di Tes 1. Namun pada tes II, kesalahan telah mengalami penurunan. Pada kesalahan data, mula-mula sebesar 20% menjadi 15,71%, kesalahan teorema 7,61% menjadi 4,76%, kesalahan teknis menurun dari 10,5% menjadi 2,38%, kesalahan bahasa menurun dari 10% menjadi 2,86% dan kesalahan lain menurun dari 3,8% menjadi 0,95%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Posing dapat mengatasi kesalahan dalam menyelesaikan soal – soal subpokok bahasan keliling dan luas segitiga.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries0602101910157;
dc.subjectProblem Posingen_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM POSING UNTUK MENGATASI KESALAHAN SISWA KELAS VIIA SMPN 7 JEMBER DALAM MENYELESAIKAN SOAL - SOAL SUBPOKOK BAHASAN KELILING DAN LUAS SEGITIGA PADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2009/2010en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record