• Login
    View Item 
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Law
    • View Item
    •   Home
    • STUDENT RESEARCH ARTICLE (Artikel Penelitian Mahasiswa)
    • SRA-Law
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PERLINDUNGAN KONSUMEN JASA ASURANSI TERHADAP PERUSAHAAN ASURANSI YANG DINYATAKAN PAILIT DIDASARKAN PADA UNDANG– UNDANG NOMOR 8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGANKONSUMEN DAN UNDANG – UNDANGNOMOR 2 TAHUN 1992 TENTANGUSAHA PERASURANSIAN

    Thumbnail
    View/Open
    Sungkowo Budi.pdf (269.1Kb)
    Date
    2012
    Author
    Budi, Sungkowo
    Setyawan, Fendi
    Wahjuni, Edi
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Asuransi mempunyai manfaat yang penting dalam kehidupan modern ini. Dengan semakin berkembangnya teknologi dalam kemajuan jaman ini kemungkinan terjadi kecelakaan akan semakin besar pula. Asuransi jiwa mempunyai peran penting dalam kehidupan masyarakat untuk melindungi masyarakat dari kerugian akibat kecelakaan yang sebelumnya tidak diketahui dan tidak diinginkan. Nasabah asuransi jiwa atau konsumen jasa asuransi jiwa merupakan urat nadi bagi perusahan asuransi tersebut. Karena konsumen jasa asuransi merupakan sumber utama dari dana keuangan perusahaan asuransi agar perusahaan tersebut dapat berjalan dengan lancar. Akan tetapi setiap perusahaan apapun tidak akan berjalan lancar. Kepailitan adalah kendala bagi setiap perusahaan keuangan untuk menjalankan usahanya. Kepailitan dapat mengakibatkan kerugian pada konsumen jasa asuransi jiwa guna mendapatkan klaimnya pada saat jatuh tempo. Undang – undang nomor 8 tahun 1999 tentang perlindungan konsumen, undang – undang nomor 2 tahun 1992 tentang usaha perasuransian dan undang – undang nomor 37 tahun 2004 tentang kepailitan dan PKPU merupakan dasar hukum untuk melindungi para konsumen jasa asuransi tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian hukum ini adalah metode yuridis normatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara mengkaji berbagai aturan hukum yang bersifat formil seperti undang-undang, peraturan-peraturan, serta literature yang berisi konsep teoritis yang kemudian dihubungkan dengan permasalahan yang akan dibahas dan juga menggunakan penelitian terhadap asas-asas hukum yang merupakan patokan-patokan berperilaku atau bersikap pantas. Hasil penelitian ini digunakan untuk menangulangi kerugian konsumen akibat pemailitan perusahaan asuransi jiwa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/59112
    Collections
    • SRA-Law [296]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository