Show simple item record

dc.contributor.authorKHURWANANI, Dewi
dc.date.accessioned2013-12-07T03:18:09Z
dc.date.available2013-12-07T03:18:09Z
dc.date.issued2013-12-07
dc.identifier.nim050210101216
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/5910
dc.description.abstractMatematika merupakan sarana berpikir ilmiah yang sangat diperlukan oleh siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir logisnya. Peserta didik di sekolah menengah diharapkan dapat menguasai matematika dengan jalan memahami konsepkonsep dari materi matematika. Dilain pihak, kenyataan justru menunjukkan bahwa hasil belajar matematika di sekolah-sekolah menengah masih relatif rendah. Untuk mengurangi kekurangtercapaian hasil belajar siswa tersebut maka diperlukanlah suatu pembelajaran lain di kelas yang lebih efektif dan efisien. Salah satu model pembelajaran yang dapat meningkatkan keefektifan kegiatan belajar mengajar adalah model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan LKS terstruktur. Dalam Learning Cycle 5E, terdapat tahapan-tahapan pembelajaran yang sistematis untuk membimbing siswa lebih aktif dan belajar secara bermakna. Salah satu tahapannya adalah diskusi. Dengan melakukan diskusi, siswa akan mempunyai kesempatan yang lebih luas untuk mengemukakan pendapatnya dan siswa akan menemukan konsep berdasarkan pemahamannya sendiri. Dalam berdiskusi, siswa memerlukan sarana yang salah satunya berupa Lembar Kerja Siswa (LKS). Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah LKS terstruktur. Lembar kerja siswa terstruktur memuat informasi, contoh dan tugastugas. LKS ini dirancang untuk membimbing peserta didik dalam satu program kerja atau mata pelajaran, dengan sedikit atau sama sekali tanpa bantuan pembimbing untuk mencapai sasaran pembelajaran. Pada LKS ini telah disusun petunjuk dan pengarahan dalam mengerjakannya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana penerapan pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan LKS terstruktur dan apakah penerapan pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan LKS terstruktur ini mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada subpokok bahasan operasi pada himpunan siswa Kelas VII B SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan pada semester genap tahun ajaran 2010/2011 yaitu pada tanggal 8-22 Februari 2011 dengan subjek siswa kelas VII B. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Adapun jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang menggunakan dua siklus yakni siklus I dan siklus II. Hasil dari siklus I belum mencapai standar yang ditentukan, dengan ketuntasan hasil belajar klasikal hanya sebesar 57,5% dan aktivitas siswa sebesar 67,33%. Pembelajaran belum berlangsung efektif karena ketuntasan klasikal masih sama dengan sebelum diadakan penelitian, namun untuk aktivitas siswa sudah jauh meningkat. Revisi Perencanaan dan tindakan dilakukan dengan meningkatkan ketelitian perencanaan dan pengelolaan kelas, memberikan lebih banyak bimbingan kepada siswa yang belum tuntas dan kurang aktif serta penambahan waktu, agar terjadi peningkatan keaktifan dan hasil belajar dalam siklus II. Hasil yang diperoleh pada siklus II menunjukkan adanya perubahan dan siswa mengalami peningkatan hasil belajar. Ketuntasan secara klasikal diperoleh sebesar 77,5%. Keaktifan siswa meningkat dibandingkan siklus sebelumnya yaitu menjadi 74,83%. Berdasarkan analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Learning Cycle 5E berbantuan LKS terstruktur ini dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas VII B SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210101216;
dc.subjectLearning Cycle 5E Berbantuan LKS Terstrukturen_US
dc.titlePembelajaran Learning Cycle 5E Berbantuan LKS Terstruktur Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Operasi Pada Himpunan Siswa Kelas VII B Semester Genap SMP Muhammadiyah 6 Wuluhan Tahun Ajaran 2010/2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record