dc.description.abstract | Pelaksanaan pembelajaran bilingual menuntut siswa untuk memahami dan
menggunakan matematika yang berkaitan dengan permasalahan sehari-hari dan juga
dalam bentuk bahasa yang berbeda. Sementara itu, kemampuan guru dalam mengajarkan
matematika menggunakan bahasa Inggris terkesan tidak dapat dengan mudah dipahami
oleh siswa. Dari data raport semester ganjil kelas VIIA menunjukkan perbedaan yang
cukup signifikan antara rata-rata nilai matematika pada raport reguler dan bilingual yaitu
sebesar 9,02, dengan rata-rata nilai matematika pada raport reguler sebesar 84,63
sementara pada raport bilingual hanya mencapai 75,61.
Kondisi tersebut menuntut pengelolaan pembelajaran yang baik agar diperoleh
hasil belajar yang maksimal dan menyenangkan. Salah satunya adalah dengan
memberikan latihan soal menggunakan media permainan SLP (Snakes and Ladders
Plus) yang dilakukan secara berkelompok (kooperatif).
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui penerapan pembelajaran
matematika bilingual kooperatif dengan media SLP; 2) Untuk mengetahui aktivitas
siswa selama proses pembelajaran matematika bilingual kooperatif dengan media SLP;
dan 3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah proses pembelajaran matematika
bilingual kooperatif dengan media SLP.
Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jember dengan responden siswa
kelas VIIA semester genap tahun ajaran 2009/2010 pada subpokok bahasan segiempat.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain dan prosedur
tindakan yang mengadaptasi dari model Hopkins. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes.
Prelim
Cintia Riskarima R.
Aktivitas siswa selama proses pembelajaran matematika bilingual kooperatif
dengan media SLP pada subpokok bahasan segiempat kelas VIIA SMP Negeri 1 Jember
pada siklus I dengan persentase 76,99% tergolong dalam kategori cukup aktif dan pada
siklus II dengan persentase 90,54% tergolong dalam kategori sangat aktif.
Hasil belajar siswa kelas VIIA SMP Negeri 1 Jember pada pembelajaran
matematika bilingual kooperatif dengan media SLP pada subpokok bahasan segiempat
mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar yaitu pada siklus I sebesar 74,00 dan
siklus II sebesar 86,45. Selain itu, persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga
mengalami peningkatan, yaitu pada siklus I sebesar 74,19% dan siklus II sebesar
83,87%. | en_US |