PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PARTISIPATIF DALAM PENDIDIKAN KESETARAAN BERMUATAN LIFE SKILL DI PKBM BUNGA BANGSA DESA PEJATEN KECAMATAN BONDOWOSO KABUPATEN BONDOWOSO TAHUN 2011
Abstract
Pendidikan kesetaraan merupakan bagian dari Pendidikan Non Formal
yang ditujukan bagi peserta didik yang berasal dari masyarakat yang kurang
beruntung, tidak pernah sekolah, putus sekolah, putus lanjut sekolah dan usia
produktif yang ingin meningkatkan pengetahuan dan kecakapan hidup serta
masyarakat lain yang memerlukan layanan khusus dalam memenuhi kebutuhan
hidup sebagai dampak perubahan peningkatan taraf hidup dan IPTEK. Pendidikan
kesetaraan berperan strategis dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia, sesuai
dengan tujuan yang ingin dicapai yaitu menyukseskan program wajib belajar 9
tahun dalam rangka memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan fungsional
serta pengembangan sikap dan kepribadian professional. Pusat Kegiatan
Belajar Masyarakat (PKBM) Bunga Bangsa merupakan salah satu penyelenggara
program Pendidikan Kesetaraan (Paket) B dengan materi tambahan life skills yang
berupa ketrampilan. Dalam pelaksanaannya penyelenggara Paket B di Desa
Pejaten Bondowoso belum bisa menghubungkan materi life skills dengan materi
pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) penerapan
strategi pembelajaran partisipatif Paket B bermuatan life skill di PKBM Bunga
Bangsa. (2) faktor pendukung penerapan strategi pembelajaran partisipatif Paket
B bermuatan life skills di PKBM Bunga Bangsa. (3) faktor penghambat penerapan
strategi pembelajaran partisipatif Paket B bermuatan life skills di PKBM Bunga
Bangsa.
Pengambilan data dilakukan di PKBM Bunga Bangsa yang terdiri dari
informan kunci yaitu semua pendidik pada Paket B di PKBM Bunga Bangsa,
seluruh siswa kelas VIII di Paket B PKBM Bunga Bangsa dan informan
pendukuang yaitu pengelola PKBM Bunga Bangsa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dari penelitian ini berupa data
kualitatif tentang kondisi PKBM Bunga Bangsa, penerapan strategi pembelajaran
partisipatif di Paket B, faktor pendukung dan penghambat penerapan strategi
pembelajaran partisipatif dan hasil belajar peserta didik Paket B di PKBM Bunga
Bangsa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran di
Paket B PKBM Bunga Bangsa masih menggunakan strategi pembelajaran yang
berpusat pada pendidik. Peserta didik kurang banyak dilibatkan dalam
perencanaan, proses, dan evaluasi pembelajaran. Faktor pendukung penerapan
strategi pembelajaran partisipatif ini antara lain dukungan dari masyarakat
terhadap program pendidikan kesetaraan paket B dan motivasi peserta didik yang
tinggi terhadap program Paket B ini. Sedangkan faktor penghambat penerapan
strategi pembelajaran ini diantaranya kurangnya sarana prasarana yang dimiliki
PKBM Bunga Bangsa serta pendidik kurang memahami tentang strategi
pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran pendidikan kesetaraan
Paket B, sehinga hasil belajar pendidikan kesetaraan paket B di PKBM Bunga
Bangsa masih kurang optimal.