Motivasi Orang Tua Memilih Pendidikan Anak di Pondok Pesantren
Abstract
Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik
secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk meningkatkan kekuatan spiritual keagamaan, pengembangan diri,
kepribadian, kecerdasan, dan akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan masyarakat, Bangsa dan Negara. Pondok
Pesantren Nurul Hikmah adalah termasuk pondok pesantren yanng menjalankan 2 kategori yaitu kategori pendidikan formal
yang bersifat sistematis, berstruktur, bertingkat dimulai dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.Kategori pendidikan
nonformal yaitu pendidikan yang diselenggarakan bagi warga masyarakat yang memerlukan layanan pendidikan yang
berfungsi sebagai pengganti, penambah, dan pelengkap pendidikan formal mendukung pendidikan sepanjang hayat.
penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang penulis gunakan ialah Penelitian
Deskriptif kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dan menemukan 5
orang informan pokok dan 2 orang informan sebagai informan tambahan. Pengumpulan data yang dilakukan dalam
penelitian ini meliputi wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Dalam menguji keabsahan data, penelitian ini
menggunakan teknik trianggulasi. Lokasi penelitian di Pondok Pesantren Nurul Hikmah Desa Kasiyan Kecamatan Puger
Kabupaten Jember.Penelitian ini dilakukan l 12 November sampai 30 Desember 2012. Penulis menganalisis profil desa
Kasiyan dan isi di dalam pesantren. Hasil penelitian ini adalah motivasi orang tua yang memilih pendidikan anak di pondok
pesantren adalah motivasi intrinsik dan motivasi ektrinsik.
Collections
- SRA-Social And Politic [333]