MODEL PEMBELAJARAN HOMESCHOOLING SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN ANAK (Studi Kasus Di Lembaga Pendampingan Belajar Dan Homeschooling Chubby Education Indonesia Jember Tahun 2011)
Abstract
Homeschooling merupakan pendidikan alternatif yang menggunakan sistem
pendidikan atau pembelajaran yang diselenggarakan di rumah, dengan menempatkan
peran serta keluarga atau orang tua sebagai penyelenggara. Model pembelajaran
homeschooling yang menempatkan peserta didik atau anak sebagai subyek, dianggap
mampu meningkatkan mental mandiri pada anak. Penelitian ini menemukan masalah
bagaimanakah model pembelajaran Homeschooling dalam meningkatkan
kemandirian anak di Chubby Education Indonesia Kabupaten Jember
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimanakah model
pembelajaran homeschooling dalam meningkatkan kemandirian anak di Lembaga
Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia
Kabupaten Jember. Penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan informasi dalam
mengevaluasi proses pembelajaran yang terjadi pada model pembelajaran
homeschooling di Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH)
Chubby Education Indonesia Kabupaten Jember dalam upaya meningkatkan
kemandirian pada anak. Kemandirian pada anak dilihat dari tanggung jawab,
pengendalian emosi, percaya diri dan pandai bergaul. Daerah penelitian yang
digunakan adalah Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH)
Chubby Education Indonesia yang ada di Jalan Danau Toba V No.13 Kecamatan
Sumbersari kabupaten Jember berdasarkan metode purposive. Informan kunci dalam
penelitian ini adalah peserta didik Lembaga Pendampingan Belajar dan
Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia dengan menggunakan metode
purposive yang sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Informan pendukungnya
adalah pengurus Lembaga Pendampingan Belajar dan Homeschooling (LPBH)
Chubby Education Indonesia, tutor Lembaga Pendampingan Belajar dan
Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia dan orang tua peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitarif dan jenis
penelitian studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah dengan
homeschooling tunggal yang diselenggarakan Lembaga Pendampingan Belajar dan
Homeschooling (LPBH) Chubby Education Indonesia menggunakan model school athome,
maka
kemandirian
anak
dapat
meningkat.