Kualitas Pelayanan Pendonoran Darah pada Unit Donor Darah Palang Merah Indonesia Kabupaten Jember
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pendonoran darah pada Unit Donor Darah Palang Merah
Indonesia Kabupaten Jember, sedangkan tipe penelitiannya menggunakan deskriptif kuantitatif. Dalam hal teori, peneliti
menggunakan teori model kualitas pelayanan jasa Gronross. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan ServQual
dengan skala Likert, dan menggunakan tingkat pengukuran ordinal dengan empat tingkatan, jika hasil perhitungan ServQual
menghasilkan nilai negatif maka kualitas pelayanan dapat dikatakan kurang baik, jika menghasilkan nilai nol maka kualitas
pelayanan dapat dikatakan baik, dan jika menghasilkan nilai positif maka kualitas pelayanan dapat dikatakan sangat baik.
Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa, kualitas pelayanan pendonoran darah pada Unit Donor Darah (UDD)
Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Jember menunjukan nilai rata-rata ServQual -0,68, dengan kategori kurang baik.
Collections
- SRA-Social And Politic [333]