KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN PESERTA JAMKESMAS BAGIAN RAWAT JALAN DI PUSKESMAS SUMBERSARI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan peserta Jamkesmas bagian rawat jalan di Puskesmas
Sumbersari. Kualitas pelayanan mencakup usaha untuk memenuhi atau melebihi harapan pelanggan. Jenis penelitian ini adalah
deskriptif, dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan rumus perhitungan servqual dengan menggunakan lima dimensi
yaitu bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Data
primer diperoleh dengan mengambil 89 kuesioner dari responden. Berdasarkan 89 kuesioner yang diambil dalam penelitian ini,
dengan mengunakan perhitungan servqual, menghasilkan skor rata-rata tingkat harapan sebesar 81,8 dan skor rata-rata tingkat persepsi
sebesar 69,2. Skor servqual adalah sebesar -12,5. Dari hasil perhitungan servqual tersebut dapat dinilai bahwa kualitas pelayanan
kesehatan peserta jamkesmas bagian rawat jalan di Puskesmas Sumbersari tidak baik atau tidak memuaskan
Collections
- SRA-Social And Politic [333]